Kampusgw.com

Menu

Beasiswa ASTRA 2018

Astra International adalah salah satu kelompok usaha terbesar di Indonesia. Karyawannya saja ada ratusan ribu yang tersebar di seantero penjuru negeri. Perusahaan yang berpusat di Jakarta ini senantiasa peduli dengan pendidikan.

Salah satu beasiswa Astra 2018 ialah ditujukan untuk generasi muda yang ingin kuliah di Politeknik Manufaktur Astra.  Apa saja syaratnya? Catat ya:

  1. Warga Negara Indonesia, usia maksimal 19 tahun, dibuktikan dengan fotokopi akta kelahiran dan kartu keluarga.
  2. Lulusan SMA/SMK tahun 2018 atau saat ini sedang menempuh kelas XII (dibuktikan dengan surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2017/2018 yang ditandatangani Kepala Sekolah).
  3. Lebih diutamakan siswa SMA jurusan MIPA, SMK bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, serta bidang keahlian Teknologi Informasi.
  4. Sehat jasmani (tidak menderita penyakit yang terkait paru-paru, hati dan jantung) dan rohani serta tidak buta warna.
    • Untuk pilihan program studi Pemeliharaan Mesin Otomotif (Otomotif), tidak memiliki masalah indra pendengaran.
    • Khusus untuk program studi Pemeliharaan Mesin Otomotif (Alat Berat), tidak memiliki masalah indra pendengaran, diutamakan laki-laki, dan memiliki tinggi badan minimum 160 cm.
  5. Nilai rapor semester 1 s/d 4 kelas X dan Xl berada pada rata rata minimal 8,0 (B+) dan tidak ada nilai di bawah 8,0 (B+), untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Bahasa Inggris.
  6. Menunjukkan bukti penghasilan orangtua berupa slip gaji (surat keterangan penghasilan) atau surat keterangan tidak mampu dari pejabat yang berwenang (dibawa saat seleksi wawancara).
  7. Melakukan pendaftaran secara online.
  8. Mengunggah pas foto berwarna (bentuk portrait berpakaian formal) dengan ukuran file maksimum 500KB.
  9. Mempersiapkan dokumen rekening listrik bulan terakhir (dibawa saat seleksi wawancara).
  10. Mempersiapkan dokumen surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2017/2018 (surat diterbitkan bulan Februari 2018 dan dibawa saat seleksi wawancara).
  11. Tidak sedang atau akan mendapat beasiswa dari sumber lain.

Persyaratan administrasi ini menjadi acuan utama untuk proses selanjutnya. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan umum akan digugurkan dari proses seleksi.

Bentuk Beasiswa

Program Beasiswa Astra ini terdiri dari 2 jenis, yaitu Program Beasiswa Prestasi dan Program Beasiswa Peduli, dengan penjabaran sebagai berikut.

  • Program Beasiswa Prestasidiberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga dengan penghasilan minimal 5 juta rupiah (gabungan kedua orangtua). Bentuk beasiswa yang diberikan berupa bebas biaya kuliah selama 3 (tiga) tahun dan pemberian uang saku bagi mahasiswa yang bersangkutan setiap bulannya. Besarnya uang saku ditentukan oleh Surat Keputusan Direktur Politeknik Manufaktur Astra. Politeknik Manufaktur Astra akan melakukan evaluasi terhadap prestasi akademik di tiap semester dan berhak melanjutkan atau memberhentikan pemberian Program Beasiswa sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Program Beasiswa Pedulidiberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga dengan penghasilan maksimal 5 juta rupiah (gabungan kedua orangtua). Bentuk beasiswa yang diberikan maupun ketentuan terkait pemberian beasiswa adalah sama seperti Beasiswa Prestasi.

Selain itu Polman Astra juga menawarkan Program Beasiswa Unggulan, yaitu beasiswa yang ditawarkan kepada peserta Program Beasiswa Prestasi yang lolos seleksi sampai dengan tahap wawancara, akan tetapi karena keterbatasan kuota, tidak termasuk sebagai kandidat penerima Beasiswa Prestasi. Program Beasiswa Unggulan diberikan dalam bentuk bebas uang sumbangan pendidikan.

 

Program Studi 

  • Teknologi Pembuatan Perkakas Presisi
  • Teknologi Manufaktur (Industri Manufaktur Umum)
  • Teknologi Manufaktur (Industri Manufaktur Kelapa Sawit)
  • Sistem Informasi
  • Mekatronika
  • Pemeliharaan Mesin Otomotif (Otomotif)
  • Pemeliharaan Mesin Otomotif (Alat Berat)

Bagaimana kalau masih penasaran dengan rincian beasiswa? Tenang saja. Semua bisa dibaca di panduan resminya hanya dengan klik  pranala ini.

Bagaimana kalau masih penasaran lagi? Tenang saja. Kamu bisa menghubungi langsung Sekretariat Mahasiswa Baru Politeknik Manufaktur Astra dengan alamat sebagai berikut.

 

itKomplek Astra International Gedung B lantai 5
Jl. Gaya Motor Raya No. 8, Sunter II, Jakarta Utara 14330
Telp: (021) 6519555 Ext. 2886/2876
Fax: (021) 6519821
Hotline: 0858 8894 4144
Email: sekretariat@polman.astra.ac.id
Website: http://www.polman.astra.ac.id

 

Sumber: Situs Resmi Politeknik Manufaktur Astra

 

 

 

Categories:   Beasiswa

Comments

  • Posted: Jan 11, 2018 17:04

    makharyacargo

    makasih admin artikelnya sangat membantu sekali
  • Posted: Jan 15, 2018 06:32

    admin

    Sama-sama kak. Bantu share ya.

error: Content is protected !!