Kampusgw.com

Menu

Beasiswa Kuliah untuk Warga Miskin Beasiswa BidikMisi 2017

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Bidikmisi kembali dibuka. Itu artinya ratusan ribu calon mahasiswa mulai mendapatkan “angin segar”. Pasalnya, bantuan  biaya pendidikan dari pemerintah ini begitu membantu anak-anak yang berprestasi namun kurang beruntung ekonominya.

Bidikmisi hanyalah untuk anak-anak berprestasi dari keluarga kurang mampu. Oleh karenanya, ada tahap seleksi di mana verifikasi terhadap rumah orang tua dan dokumen-dokumen pendukung benar-benar dilakukan. Ini wajar, karena negara tidak ingin salah sasaran.

Perlu diketahui teman-teman sekalian bahwa Bidikmisi ada sejak tahun 2010. Sampai tahun 2016 jumlah penerima beasiswa ini mencapai 352 ribu yang tersebar dari Aceh sampai Papua. Dari jumlah itu sekitar 87 ribu telah menuntaskan pendidikannya. Dilihat dari tingkat persaingannya, pada tahun 2016 tercatat 416.428 mendaftar Bidikmisi. Dari jumlah ini, hanya 75 ribu yang dinyatakan lolos oleh pemerintah karena keterbatasan biaya.

Bagi, teman-teman yang berminat mendaftar sebagai penerima beasiswa Bidikmisi, harap diperhatikan baik-baik panduan resminya ya. Pastikan tidak ada persyaratan yang terlewat. Pastikan tidak ada dokumen yang terselip. Pastikan kamu memenuhi semua yang diminta oleh panitia. Karena persaingan begitu ketatnya.

Baca juga: Perguruan Tinggi yang Menampung Penerima Beasiswa Bidikmisi 2017 — Beasiwa Penuh S1 STIE Perbanas Surabaya —– Terbongkar! Tips dan Trik Diterima di Politeknik Keuangan Negara STAN 

Tahapan Pendaftaran Bidikmisi 2017

Baca juga: Panduan Resmi Beasiswa Bidikmisi 2017 —– Peraih Bidikmisi dengan Segudang Prestasi —– Rahasia Lolos Beasiswa Bidikmisi 2017 —– Perjuangan Anak Banten Meraih Bidikmisi —– Perjuangan Anak Sumatra Mendapatkan Bidikmisi —– Terkuak! Rahasia Lolos Tes IPDN Jatinangor 

 

Jadwal Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi 2017 

# Nama Kegiatan Dibuka Ditutup
1 Pendaftaran Sekolah 14 Januari 2017 01 September 2017
2 Pendaftaran Siswa 14 Januari 2017 01 September 2017
3 SNMPTN 18 Februari 2017 06 Maret 2017
4 Seleksi Mandiri PTN 25 Februari 2017 01 September 2017
5 PMDK-PN 25 Februari 2017 01 Mei 2017
6 SBMPTN 08 April 2017 05 Mei 2017
7 Seleksi Mandiri PTS 22 April 2017 01 September 2017
8 UMPN 04 Mei 2017 10 Juni 2017

Keterangan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu

 

Siapa yang bisa mendaftar Bidikmisi 2017?

Semua lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2016 dan 2017 yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik.

 

Apa saja persyaratan calon penerima Bidikmisi 2017?

1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2017;
2. Lulusan tahun 2016 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
a. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
b. Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.
5. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
a. PTN dengan pilihan seleksi masuk: 1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); 2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN); 3) Seleksi mandiri PTN.
b. Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya
c. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.

Baca juga: Beasiswa STIQ An-Nur Yogyakarta 2017 —– Beasiswa Politeknik Manufaktur Astra 2017 —– Beasiswa Swiss German University 2017 —– Beasiswa Universitas Kristen Maranatha 2017 —– Beasiswa Universitas Esa Unggul 2017 —– Beasiswa President University 2017 —-Beasiswa Mahaghora 2017 

 

Bagaimana cara mendaftar beasiswa Bidikmisi 2017?

Sebenarnya mudah saja kok. Kamu bisa belajar langsung dari website resminya di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/.  Jadi, secara umum tahapan pendaftaran beasiswa Bidikmisi 2017 adalah sebagai berikut.

  1. Sekolah mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran II bagian persetujuan dan tanda tangan) untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
  2. Ditjen Belmawa memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja;
  3. Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah diverifikasi.
  4. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing-masing siswa yang sudah direkomendasikan;
  5. Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi

Setelah 5 (lima) langkah di atas beres, kamu harus mendaftar di perguruan tinggi yang kamu pilih. Bisa perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, apapun jurusannya. Secara rinci sih, ada 5 (lima) jenis juga:

  1.  SNMPTN melalui http://www.snmptn.ac.id
  2. SBMPTN melalui http://www.sbmptn.ac.id
  3. PMDK Politeknik melalui http://pmdk.politeknik.or.id
  4. Seleksi Mandiri PTN sesuai ketentuan masing-masing PTN
  5. Seleksi Mandiri PTS sesuai ketentuan masing masing PTS

Jika kamu telah dinyatakan lolos atau diterima di perguruan tinggi pilihanmu, selanjutnya harus melengkapi berkas pada pendaftaran ulang. Dokumen yang perlu kamu siapkan adalah sebagai berikut:

  1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari laman Bidikmisi;
  2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
  3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain dikegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada);
  7. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika ada);
  8. Bagi yang belum memenuhi syarat butir (g) diatas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
  9. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
  10. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang Tua/Wali-nya.

 

Penerima Bidikmisi 2017 bisa kuliah di mana?

Secara umum, penerima Bidikmisi 2017 bisa kuliah di mana saja. Lebih terutama lagi mereka adalah mahasiswa yang lulus di bawah ini dengan beberapa syarat sebagaimana panduan.

  1. SNMPTN;
  2. SBMPTN;
  3. Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN);
  4. Seleksi di Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya;
  5. Seleksi di Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Berapa lama masa studi penerima Bidikmisi 2017?

a. Program Sarjana (S1) dan Diploma IV maksimal 8 (delapan) semester
b. Program Diploma III maksimal 6 (enam) semester
c. Program Diploma II maksimal 4 (empat) semester
d. Program Diploma I maksimal 2 (dua) semester

Untuk beberapa jurusan di bawah, merupakan pengecualian:

a. Pendidikan Dokter dengan penambahan maksimal 4 semester.
b. Pendidikan Dokter Gigi dengan penambahan maksimal 4 semester.
c. Ners maksimal dengan penambahan maksimal 2 semester.
d. Pendidikan Dokter Hewan dengan penambahan maksimal 2 semester.
e. Farmasi dengan penambahan maksimal 2 semester.
f. Pendidikan Profesi lainnya yang strategis, ditetapkan oleh Dirjen Belmawa

 

Apa saja sih yang ditawarkan oleh Bidikmisi 2017?

Ada banyak sih. Tapi secara umum, para penerima Bidikmisi 2017 akan mendapatkan komponen atau jenis bantuan biaya pendidikan sebagai berikut:
1. Biaya pendaftaran
a. Pendaftar Bidikmisi dibebaskan biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri pada salah satu PT (pendaftar secara otomatis akan mendapatkan fasilitas bebas bayar di dalam sistem pendaftaran SBMPTN).
b. Pendaftar Bidikmisi yang sudah diterima melalui salah satu seleksi tidak diperkenankan mendaftar seleksi lainnya.
2. Bantuan biaya penyelenggaraan yang dikelola perguruan tinggi maksimal sebesar Rp 2.400.000,00 (Dua juta empat ratus ribu rupiah) per-mahasiswa per-semester.
3. Bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa minimal sebesar Rp
3.900.000,00 (Tiga juta sembilan ratus ribu rupiah) per mahasiswa per semester.
4. Biaya Pengelolaan Bidikmisi
Biaya Pengelolaan Bidikmisi diberikan ke perguruan tinggi sebesar Rp. 600.000,00 per mahasiswa, yang dapat digunakan dengan skala prioritas dan proporsional;

a. Biaya kedatangan “at cost”

b. Biaya hidup awal bagi calon mahasiswa yang berasal dari luar kota yang besarnya maksimal Rp. 600.000,00 (Enam ratus ribu rupiah) untuk 30 hari

c. Biaya diseminasi informasi dan verifikasi

d. Biaya pembinaan (kegiatan pelatihan, penalaran, leadership, motivasi, penguasaan bahasa Inggris, dan bimbingan karir)

e. Biaya bantuan kegiatan terkait akademik yang ditetapkan oleh perguruan tinggi masing-masing

f. Biaya honorarium pengelolaan selama satu tahun, maksimal 20% dari dana pengelolaan

 

Bagaimana dengan pencairan beasiswa Bidikmisi 2017?

Dana beasiswa Bidikmisi diberikan setiap tiga bulan sekali atau triwulan. Penerima beasiswa Bidikmisi akan mendapatkan antara bulan September-Desember untuk semester ganjil dan antara Maret-Juni untuk semester genap. Untuk mahasiswa baru, beasiswa diberikan hanya untuk 1 (satu) semester, yaitu pada semester ganjil. Sementara itu,  penyaluran dana beasiswa melalui rekening bank penyalur yang ditetapkan melalui seleksi bank (beauty contest) dengan ketentuan:

  1. Rekening perguruan tinggi, sebagai bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan dan biaya pengelolaan;
  2. Rekening mahasiswa, sebagai bantuan biaya hidup.

Pengelola beasiswa Bidikmisi 2017 menghentikan bantuan biaya pendidikan apabila mahasiswa: 1) cuti, 2) keluar (drop out), dan 3) non-aktif.

 

 

Kontak Resmi Beasiswa Bidikmisi 2017

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Gedung D Lantai 7, Jalan Pintu 1 Senayan, Jakarta.

Email bidikmisi@kemdikbud.go.id
bidikmisi@dikti.go.id
Facebook fb.me/program.bidik.misi
Twitter twitter.com/bidikmisi
Zendesk bidikmisi.zendesk.com

Jika kamu masih bingung, kurang jelas, atau penasaran; kamu bisa langsung buka website resmi beasiswa Bidikmisi 2017. Klik aja ini http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/petunjuk/index ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Sumber: klik di sini.

Categories:   Beasiswa

Comments

  • Posted: Jan 20, 2017 13:19

    lia

    Min,mohon bantuannya. Saya kan sudah direkomendasi thn 2016 dari pihak sekolah. Saat ingin perbarui akun,saya lupa kode akses saya. Saya udah ikutin tahapan kode akses dan sampai sekarang saya belum menerima email. Kata temen saya,datang kesekolah aja. Namun pihak sekolah tidak merespon karena guru bk yg mengurusi bidikmisi tahun 2016 telah mengundurkan diri. Mohon bantuannya untuk mendapatkan kode aksesnya
  • Posted: Jan 20, 2017 16:46

    admin

    Coba tanya ke panitia resminya ya. Kan di situ ada kontaknya. Semangat.
  • Posted: Feb 1, 2017 07:53

    melda

    Kak admin saya ingin dftar Bidikmisi tp kata guru dia yang dftarin nya.emang nya kalau kita yg dftar sendiri ga bisa ya kak? Saya takut Kak kalo ga lolos di snmptn trus saya kuliah nya dmana dong Kak.
  • Posted: Feb 1, 2017 07:55

    admin

    Ya harus dengan rekomendasi sekolah. Kamu baca baik-baik panduannya ya dear.
  • Posted: Jun 21, 2017 13:22

    difla

    Bidik misi yg semester ini kapan turun nya ya..??
  • Posted: Aug 22, 2017 20:19

    safiki

    Min saya may bertanya. Kan saya Sudan daftar bidikmisi tahun 2017, tapi bidikmisi taun in I gak kepake. Trs bidik misi taun in I yg gak dipake apa bisa dipake tahun berikutnya? Atau saya harus mendaftar ulang bidikmisi pads tahun 2018?. Mohon bantu jawab ya min. Thx
  • Posted: Aug 23, 2017 07:58

    admin

    Wah kenapa tidak dipakai? Kalay itu sepertinya tidak bisa ya. Coba deh kamu baca lagi di sini petunjuknya: http://www.kampusgw.com/beasiswa/beasiswa-bidikmisi-2017
  • Posted: Aug 27, 2017 15:44

    chrisna putra

    untuk mahasiswa baru hanya mendapatkan biaya hidup 1 semester saja?Berarti untuk semester kedua (Maret-Juni) tidak mendapat beasiswa sama sekali?mohon pencerahannya ? Terima Kasih
  • Posted: Aug 28, 2017 13:30

    admin

    Hai Chrisna, biaya hidup berlaku sepanjang kuliah kok. Kamu baca lagi ya panduannya. Semangat.

error: Content is protected !!