Kampusgw.com

Menu

Beasiswa Universitas Indonesia 2018

Universitas Indonesia atau yang lebih dikenal dengan UI adalah salah satu perguruan tinggi negeri favorit di negeri ini. Perguruan tinggi yang memiliki gedung di kota Depok dan Jakarta tersebut setiap tahunnya memberikan beasiswa kepada para mahasiswa  dari keluarga kurang mampu dan beasiswa prestasi. Beasiswa di UI berasal dari banyak sumber. Namun, cecara umum dapat digolongkan menjadi dua kategori. Pertama, beasiswa dari UI sendiri dan beasiswa dari sponsor. Beasiswa UI tidak mengkotakkan antara beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu (secara finansial) dan mahasiswa berprestasi. Sedangkan beasiswa dari sponsor biasanya memiliki persyaratan yang lebih kompleks.

Fasilitas yang diterima penerima beasiswa pun bervariasi. Beasiswa dari internal UI adalah berupa keringanan dari penetapan BOP-B, dan beasiswa kerja paruh waktu. Beasiswa paruh waktu ialah program kerja paruh waktu bagi mahasiswa yang ingin bekerja paruh waktu di berbagai unit kerja di lingkungan kampus. Kewajiban yang harus dipenuhi mahasiswa pada program ini adalah 40 jam kerja setiap bulan dengan kompensasi yang lumayan. Beasiswa dari sponsor bersumber dari pemerintah, perusahaan, individu, yayasan, dan lain-lain dengan jenis pembiayaan dan jangka waktu yang berbeda-beda. Ada yang membiayai sampai selesai kuliah, ada yang hanya membiayai sampai semester tertentu saja. Besaran biaya yang diberikan pun berbeda-beda, ada yang membayari uang kuliah per bulannya saja, ada yang membayari uang kuliah ditambah dengan uang saku per bulannya, dan ada pula yang menambahi dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepemimpinan.

 

Definisi Beasiswa di Lingkungan Universitas Indonesia

Beasiswa adalah bantuan yang diberikan kepada mahasiswa sebagai bentuk apresiasi prestasi mahasiswa ataupun berupa bantuan Biaya Pendidikan bagi mahasiswa yang mempunyai keterbatasan finansial.

Paket Beasiswa adalah sebuah penawaran Beasiswa dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pelamar/Pendaftar Beasiswa adalah seseorang yang membutuhkan Dukungan biaya pendidikan dan biaya penunjang pendidikan baik yang telah terdaftar sebagai Mahasiswa atau belum terdaftar sebagai Mahasiswa UI

Penerima Beasiswa adalah Pelamar/Pendaftar Beasiswa yang sudah disetujui oleh Pengelola dan Pendonordari suatu Paket Beasiswa.

Pengelola adalah pihak UI (Direktorat Kemahasiswaan UI/Unit PAU/Fakultas) yang mengelola Paket Beasiswa.

Pendonor adalah pihak yang memberikan Beasiswa.

Sistem Beasiswa UI adalah sistem informasi berbasis TI yang digunakan oleh Pelamar/Pendaftar BeasiswaPendonor, dan Pengelola dalam mengelola segala proses yang terkait (Pendaftaran, Operasional, Laporan, dll) untuk setiap Paket Beasiswa.

 

Organisasi Pengelolaan Beasiswa di Lingkungan UI

easiswa yang ditawarkan kepada Pelamar/Pendaftar Beasiswa dikelola dalam wujud Paket Beasiswa. Setiap Paket Beasiswa terdiri dari pihak PendonorPengelola dan sejumlah Pelamar/Pendaftar BeasiswaPaket Beasiswa satu dengan lainnya dikelola secara terpisah dan memiliki Periode pendaftaran, Mekanisme Seleksi, PengelolaPendonor, hingga Syarat dan Ketentuan yang berbeda-beda. Sistem Beasiswa berfungsi sebagai alat pengelolaan Administrasi terintegrasi yang disediakan oleh Universitas Indonesia untuk seluruh Stakeholder terkait.

Dalam masa Periode pendaftaran suatu Paket BeasiswaPelamar/Pendaftar Beasiswa dapat mengisi formulir elektronik dan mengunggah dokumen yang diperlukan untuk memenuhi syarat dan ketentuan yang diharapkan. Setelah masa Periode pendaftaran suatu Paket Beasiswa berakhir, Pengelola akan mengusulkan calon Penerima Beasiswa kepada Pendonor. Usulan nama-nama calon Penerima Beasiswa diproses oleh Pengeloladi tingkat Universitas/Fakultas sesuai dengan kriteria dan tujuan dari Paket Beasiswa tersebut. Pendonorakan melakukan seleksi dan meng-Approve atas usulan nama-nama calon Penerima Beasiswa yang diajukan oleh Pengelola Paket Beasiswa.

Setelah proses Pendaftaran dan Seleksi selesai, Pengelola dan Pendonor akan memproses rencana keuangan yang sudah disetujui untuk direalisasikan bagi setiap Penerima Beasiswa secara berkala hingga berakhirnya Paket Beasiswa. Dalam masa pelaksanaan Paket BeasiswaPenerima Beasiswa wajib melaporkan prestasi dan capaian kepada Pendonor melalui Sistem Beasiswa. Prestasi dan capaian Penerima Beasiswa akan dipantau oleh Pendonor maupun Pengelola agar selalu sesuai dengan kriteria dan tujuannya.

Cara Melamar Beasiswa di Lingkungan Universitas Indonesia
Lakukan 6 Langkah berikut:
  1. Login pada sistem Single Sign On UI (Pastikan Anda sudah memiliki Akun UI)
  2. Memilih paket beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  3. Klik tombol “Daftar” pada paket beasiswa yang Anda pilih
  4. Mengisi seluruh data yang diperlukan, kemudian mengunggah seluruh dokumen Syarat dan Ketentuan yang diminta
  5. Apabila dokumen Syarat dan Ketentuan sudah Anda lengkapi, klik tombol “Kirim” pada formulir elektronik.
  6. Pendaftaran Selesai. Silakan memantau status lamaran beasiswa Anda secara berkala hingga akhir masa seleksi yang telah ditentukan.
Perhatikan hal-hal berikut:
  • Apabila Anda sudah memiliki akun UI, tidak diperlukan lagi pendaftaran login baru pada sistem Singe Sign On (SSO) UI.
  • Beberapa pelaksanaan seleksi paket beasiswa meminta Anda melakukan submisi dokumen secara fisik. Pastikan semua dokumen yang diunggah ke dalam Sistem Beasiswa adalah dokumen yang sama dengan dokumen fisik. Kekeliruan antara dokumen fisik dengan dokumen yang sudah diunggah akan sangat mempengaruhi proses seleksi.
  • Direktorat Kemahasiswaan UI siap memberikan penjelasan dan asistensi mengenai tata cara penggunaan Sistem Beasiswa.

Beasiswa dari sponsor di Universitas Indonesia terbagi menjadi tiga jenis.

  1. Beasiswa Prestasi yang menyeleksi penerimanya melalui nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang didapatkan dari oleh mahasiswa di semester-semester tertentu.
  2. Beasiswa Kurang Mampu yang biasanya ditujukan bagi mahasiswa yang kondisi perekenomian keluarganya kurang mampu, biasanya beasiswa ini mewajibkan surat keterangan kurang mampu dari RT/RW setempat sebagai salah satu syarat pengajuan.
  3. Beasiswa Campuran mempunyai kriteria berdasarkan gabungan antara kebutuhan dan prestasi.

Dari linimasa pengajuannya, beasiswa di Universitas Indonesia terbagi menjadi dua macam.

  1. Pra-Mahasiswa yaitu beasiswa yang bisa diajukan sebelum mahasiswa masuk atau memulai kuliah (sebelum semester pertama dimulai) seperti beasiswa Bidik Misi,
  2. Mahasiswa Aktif yaitu beasiswa yang pendaftarannya dibuka setelah mahasiswa yang bersangkutan menempuh kuliah selama beberapa semester tertentu, biasanya di dua semester awal. Hal ini terkait dengan persyaratan bahwa mahasiswa yang bersangkutan harus memiliki IPK. Biasanya ini berlaku untuk beasiswa prestasi.

Persyaratan

Persayaratan untuk mendapatkan beasiswa di UI beragam. Karena sumber maupun tujuan beasiswa tersebut berbeda-beda. Namun, secara umum persyaratannya ialah  IPK minimal 3.01, salinan slip gaji orang tua, salinan Kartu Keluarga, salinan Kartu Identitas Mahasiswa (KTM), daftar riwayat hidup, mengisi formulir beasiswa dan surat pernyataan bukan perokok aktif.

Daftar Beasiswa di Lingkungan Universitas Indonesia

Informasi Lebih Lanjut

Biasanya segala beasiswa di lingkungan Universitas Indonesia dapat dirilis dalam jaringan di http://mahasiswa.ui.ac.id/ atau melalui Manajer Kemahasiswaan dan Alumni (Mahalum) di masing-masing fakultas. Setiap Mahalum fakultas sering kali memasang pengumuman beasiswa dalam majalah dinding masing-masing. Selain itu, ada pula jenis beasiswa yang informasinya hanya terseedia di Kantor Internasional Universitas Indonesia.

Sumber: Situs Resmi Universitas Indonesia

Categories:   Beasiswa

Comments

  • Posted: Feb 2, 2018 07:36

    Rina ratna ningsih

    Kak ini khusus mahasiswa Ui ya?
  • Posted: Feb 2, 2018 08:49

    admin

    Ya kalau itu beasiswa yang ada di UI dek. http://www.kampusgw.com/beasiswa/daftar-beasiswa-s1-tahun-2018
  • Posted: Feb 4, 2018 17:15

    sahid ridho

    ka ada gk beasiswa untuk mahasiswa baru ?
  • Posted: Feb 5, 2018 08:11

    admin

    http://www.kampusgw.com/beasiswa/daftar-beasiswa-s1-tahun-2018, itu ya dek. Semangat.
  • Posted: Feb 16, 2018 20:59

    Baby citra

    Bisa nggak ya kak, dapat 2 beasiswa misalnya bidik misi dari pemerintah dan satu lagi dari swasta/ perusahaan? terima kasih kak
  • Posted: Feb 17, 2018 10:51

    admin

    Nggak bisa dek. Karena biasanya hanya boleh 1 beasiswa.
  • Posted: Feb 23, 2018 21:19

    Rahma Ridha Cahyani

    Kak, aku udh login SSO UI Trus mau dftar beasiswanya gmna kak? Tapi aku skrang msih SMA klas 3 kak
  • Posted: Feb 26, 2018 05:49

    admin

    Bergantung beasiswa yang mana dek. Ada banyak beasiswa di UI.

error: Content is protected !!