Kampusgw.com

Menu

Ragam Beasiswa S1 Dalam Negeri

Sebenarnya dari tahun ke tahun jumlah dan ragam beasiswa S1 dalam negeri semakin meningkat. Baik yang dikeluarkan oleh pemerintah, yayasan, individu, maupun perusahaan. Baik yang hanya mencakup  biaya kuliah maupun yang juga memberikan bantuan biaya hidup. Sayangnya, akses informasi beasiswa di tanah air belum merata. Terdapat ketimpangan yang tinggi antara satu daerah dengan daerah lain. Berikut adalah beragam beasiswa S1 dalam negeri yang biasaya menjadi andalan para lulusan SMA sederajat untuk tetap kuliah di tengah keterbatasan biaya:

  • Beasiswa Unggulan

Terdapat beberapa program beasiswa unggulan. Di antaranya Beasiswa Unggulan Prestasi, Beasiswa Unggulan Khusus Wilayah Nusa Tenggara, Intellectual Social Responsibility (ISR), Program Fast Track Univesitas Indonesia, Program IGDS (Debt Swap), Beasiswa Nusantara Cerdas-Bank BRI, Program Transfer Kredit MIT, Titian Muhibah BU-CIMB Niaga dll. Informasi lengkap klik di sini.

  • Beasiswa Bidik Misi

Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  mulai tahun  2010  kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi. Bidik Misi berlaku di seluruh perguruan tinggi negeri/milik pemerintah dari Sabang sampai Merauke. Informasi lengkap kunjungi laman ini.

  • Beasiswa Santri Berprestasi

Program beasiswa dari Kementerian Agama Republik Indonesia ini khusus untuk alumni pondok pesantren yang ingin kuliah di berbagai universitas negeri yang telah ditunjuk. Klik di sini untuk info selengkapnya.

  • Beasiswa CIMB Niaga

Program yang dikeluarkan oleh Bank CIMB Niaga ini diberikan untuk para lulusan SMA di seluruh Indonesia yang ingin melanjutkan belajar di berbagai universitas terbaik di Malaysia. Klik di sini untuk info sejelas-jelasnya.

  • Beasiswa BII-Maybank

Beasiswa yang digagas oleh Bank BII ini diberikan untuk para lulusan SMA terbaik yang ingin kuliah di berbagai perguruan tinggi favorit di Indonesia dan Malaysia. Informasi lebih lanjut klik di sini.

  • Paramadina Fellowship

Program kebanggan Universitas Paramadina Jakarta ini diberikan untuk para alumni atau calon lulusan SMA sederajat guna menimba ilmu di Universitas Paramadina. Untuk mengetahui program beasiswa penuh ini, silakan akses situs web ini.

  • Beasiswa ITB untuk Semua (BIUS)

Beasiswa ITB Untuk Semua adalah program beasiswa paling ambisius di Tanah Air yang benar-benar memberi kesempatan kepada anak-anak tak mampu untuk kuliah di sekolah terbaik di negaranya. Ia berupaya ikut memotong lingkar kemiskinan. Dari segi jumlah, beasiswa ini berambisi mengisi 10% dari mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung (jadi, sekitar 300 orang) dengan anak-anak pandai dan berbakat pemimpin dari keluarga berpenghasilan di bawah Upah Minimum Regional. Klik di sini untuk info selengkapnya.

  • Beasiswa Universitas Presiden

Beasiswa ini tentunya sangat menarik karena universitas ini berada di kawasan industri Jababeka, Cikarang Bekasi. Dengan aksesibilitas magang di perusahaan-perusahaan multinasional, pengantar bahasa Inggris dan pergaulan internasional; kampus ini cocok untuk siapa saja yang ingin sukses berkarir setelah kuliah. Info selengkapnya  di sini.

  • Beasiswa Yayasan Ancora

Yayasan Ancora memiliki berbagai macam program beasiswa, diantaranya: Beasiswa Paramadina, Beasiswa Univesitas Multimedia Nusantara, Beasiswa Ancora-Khazanah (kuliah di berbagai universitas terbaik di Malaysia), dan Beasiswa Ancora di Jawa Barat (kuliah di kampus terbaik Jawa Barat: Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, dan Institut Pertanian Bogor). Selain itu, Yayasan Ancora juga menawarkan beragam beasiswa pascasarjana. Info lebih lanjut silakan klik ini.

  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)

Beasiswa yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kemdiknas tersebut bertujuan untuk meningkatkan akses dan pemerataan kesempatan belajar di perguruan tinggi, mengurangi jumlah mahasiswa yang putus kuliah karena kendala dana, dan meningkatkan prestasi dan motivasi mahasiswa di bidang akademik maupun non-akademik. Sumber informasi dapat diperoleh di sini.

  • Beasiswa BCA

Beasiswa dari BCA Finance ini bertujuan untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa. Baik mahasiswa dari perguruan tinggi maupun swasta berhak untuk mendaftar dengan minimal telah menyelesaikan semester II. Info selengkapnya di sini.

  • Beasiswa Universitas Multimedia Nusantara

Beasiswa dari perguruan tinggi yang belum lama berdiri ini mencakup bebas uang pangkal antara 30-100 persen dan bebas uang pangkal 100 persen plus uang kuliah semester pertama. Klik di sini untuk info lebih lanjut.

  • Beasiswa Universitas Bandar Lampung

Beasiswa ini khususnya diberikan untuk calon mahasiswa jurusan Teknik  Informatika (TI) dan Sistem Informasi (SI). Adapun nilai beasiswa mencakup 50%, 75%, dan 100% dari biaya kuliah reguler namun tidak mencakup biaya hidup. Pendaftaran kuliah dibebaskan. Tertarik? Klik ini!

  • Djarum Beasiswa Plus

Mahasiswa minimal duduk di semester IV dapat melamar beasiswa ini. Selain mendapat bantuan biaya pendidikan, para penerima Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) juga menerima manfaat lain berupa program pelatihan soft skills, yang merupakan kelebihan dari Program Djarum Beasiswa Plus, yaitu dengan mengikuti kegiatan Nation BuildingCharacter BuildingLeadership DevelopmentCompetition ChallengesInternational Exposure dan Community Empowerment. Tujuannya tidak lain agar para Beswan Djarum kelak bisa menjadi manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan sebagai calon pemimpin bangsa. Klik ini untuk info selengkapnya.

Itulah beragam beasiswa yang dapat dicoba. Tentunya, di luar yang disebutkan di atas masih terdapat banyak tawaran beasiswa dari kampus masing-masing yang tidak mungkin disebutkan satu persatu maupun beasiswa dari individu, perusahaan, dan yayasan sosial. Selamat mencoba teman-teman Kampusgw.

Lalui semua rintangan dan menangkan pertandingan

-Charles Dickens

Categories:   Beasiswa

Comments

  • Posted: Nov 29, 2017 19:07

    Hotna nita siregar

    Cara daftar nya gi mna pak/ibu
  • Posted: Nov 30, 2017 14:19

    admin

    Mudah kok. Coba kamu pelajari dulu ya. Semangat.

error: Content is protected !!