Kampusgw.com

Menu

Mengenal Student Loan Terkendala  Biaya Kuliah Namun Nggak Terima Beasiswa? Ini Solusinya!

            Biaya pendidikan dari tahun ke tahun semakin membengkak. Tak mengherankan, banyak masyarakat yang ketar-ketir karenanya.

Pendidikan masih dipercaya sebagai salah satu cara terbaik untuk “memperbaiki nasib”. Oleh karena itu, jutaan orang tua Indonesia setiap tahunnya mati-matian memperjuangkan segala cara agar anaknya tetap bisa melanjutkan kuliah meski dengan biaya tidak murah.

Kendala biaya memang bisa diatasi dengan beasiswa. Sayangnya, persaingan untuk mendapatkan beasiswa semakin sengit dari tahun ke tahun. Pasalnya, beasiswa hanya diberikan kepada yang benar-benar membutuhkan. Baik jika dilihat dari sisi akademik maupun non-akademik.

Bagaimana cara kuliah jika memiliki kendala biaya tapi tak beruntung mendapatkan beasiswa? Kabar baiknya, dewasa ini makin banyak saja penyedia jasa pinjaman dana pendidikan. Baik yang berasal dari lembaga ternama maupun institusi-institusi baru yang dikenal dengan startup.

Nah, catat ya. Berikut ialah beberapa cara untuk tetap bisa melanjutkan perguruan tinggi melalui pinjaman dana pendidikan.

 

DANAdidik

Kamu bisa mengunjungi situs https://danadidik.com/ untuk mengetahui lebih lanjut. Ini merupakan situs penggalangan dana (crowdfunding) khusus untuk pembiayaan pendidikan (student loan), menghubungkan (i) mahasiswa/i yang kurang mampu dengan (ii) sponsor atau donatur.

Setiap mahasiswa akan diverifikasi oleh tim DANAdidik sebelum dana cair. Verikasi dari kampus, keluarga dan data-data diri juga diperlukan. Pasalnya DANAdidik tidak ingin dana yang diberikan jatuh ke tangan yang salah.

Siapa saja yang boleh mendapatkan layanan ini? Mahasiswa
dari (1) Pendidikan Tinggi: Program D1, D2, D3 atau S1, (2) Mahasiswa tingkat akhir. Syarat lainnya ialah bahwa mahasiswa yang bersangkutan maksimal 18 bulan sebelum kelulusan dengan pembiayaan Rp 2jt – Rp 10jt.

Yang membuat berbeda dengan beasiswa, dana bantuan pendidikan ini berputar terus. Pasalnya DANAdidik adalah pinjaman lunak (soft loan), dengan sistem pengembalian (repayment) yang tidak ingin memberatkan mahasiswa peminjam. Sistem pengembalian pinjaman pendidikan menggunakan sistem bagi-hasil (berprinsip syariah).

Kabar baiknya, DANAdidik membuka kesempatan kepada siapa saja untuk menjadi sponsor. Caranya dengan tinggal memilih mahasiswa yang ingin dibantu. Ehmm, penasaran kan? Kunjungi DANAdidik sekarang juga.

 

Uangteman.com

            UangTeman adalah pinjaman online jangka pendek pertama di Indonesia. UangTeman memberikan pinjaman uang tanpa jaminan, tanpa potongan & tanpa penalti. Tagline dari perusahaan yang mengklaim sebagai penyedia layanan pinjaman online mikro pertama di Indonesia itu adalah pinjaman online cepat & terpercaya.

Di bawah bendera PT Digital Aplha Indonesia, UangTeman menjadi salah satu solusi terbaik untuk mahasiswa Indonesia yang terkendala biaya perkuliahan. Pasalnya, UangTeman memungkinkan untuk memohon pinjaman uang tanpa jaminan.

UangTeman menyediakan dana pinjaman dengan nominal pinjaman sebesar 2 juta rupiah hingga 3 juta rupiah pada pinjaman ke-3 dan seterusnya. Patokan nominal tersebut kiranya cukup untuk membayar SPP atau biaya SKS yang masih relatif terjangkau dibandingkan kebutuhan konsumtif lainnya. Untuk bunganya sendiri yaitu 1 % per hari dengan maksimum lama masa pinjaman 30 hari. Sehingga, tidak terlalu memberatkan bagi mahasiswa.

 

Pinjaman Melalui Bank

Ini mungkin cara yang paling klise bagi masyarakat. Namun jangan salah ya, di luar sana ada begitu banyak banyak yang menawarkan pinjaman. Tidak mudah untuk memilih bank untuk pinjaman dana pendidikan.

Menurut riset Kampusgw.com, ada beberapa bank yang lebih peduli dengan pendidikan dibandingkan lainnya. Bank-bank tersebut menyediakan kredit tanpa agunan untuk beragam kepentingan seperti beasiswa. Persyatan khususnya hanya mencakup foto kopi KTP, rekening dan data aplikasi pribadi yang harus diisi secara lengkap dan jujur. Beberapa bank yang “ramah pendidikan” versi Kampusgw.com antara lain:

  1. Bank Mandiri
  2. Bank Negara Indonesia (BNI)
  3. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  4. Bank Central Asia (BCA)
  5. Qatar National Bank (QNB) Indonesia
  6. Bank Danamon

Nah, bermanfaat bukan? Jika teman-teman peduli dengan saudara-saudara kita di luar sana yang kira-kira membutuhkan informasi ini, mohon bantuannya untuk share ya.

 

Sumber gambar: https://www.60secondstatistics.com

 

Categories:   Beasiswa

Comments

  • Posted: Mar 12, 2018 14:23

    Dipo

    Nice - info sangat berguna
  • Posted: Mar 12, 2018 14:42

    admin

    Terima kasih Kak Dipo. Semoga kakak makin menginspirasi pemuda Indonesia melalui Danadidik.com
  • Posted: Mar 14, 2018 10:23

    bebas hutang cara taiichii

    infonya sangat sangat berguna.
  • Posted: Mar 14, 2018 11:48

    admin

    Terima kasih ya

error: Content is protected !!