Kampusgw.com

Menu

5 Hal Yang Harus Diketahui Fresh Graduates

Perjuangan menempuh Sarjana maupun Diploma tidaklah mudah. Dari mulai rebutan untuk diterima kampus favorit, jatuh bangun menyelesaikan tugas akhir, hingga terseok-seok mengerjakan proyek hingga tugas perkuliahan yang menguras emosi. Yah, namanya juga hidup. Ada harga mahal yang musti dibayar kan? Hehe.

Nah bagi kamu para Fresh Graduates, Kampusgw.com mengucapkan selamat deh. Setidaknya, kamu telah menyelesaikan apa yang telah kalian mulai. Itu pencapaian loh. Apa pasal?

Karena di luar sana, tidak sedikit mahasiswa yang keluar di tengah jalan karena satu dan lain hal. Dari malas menuntaskan skripsi hingga keasyikan bekerja.

Tapi menyelesaikan perkuliahan bukan berarti perjuanganmu selesai. Justru itulah babak baru kehidupanmu dimulai.

Di kelas, kamu diajarkan cara berpikir ilmiah dengan seabreak teori yang kadang membuatmu bosan. Nah, di kehidupan nyata itulah apa yang didapatkan di bangku kuliah harus diterapkan. So, apa yang harus kalian ketahui sebagai fresh graduates?

  1. Hidup Adalah Pilihan

Ya, hidup adalah pilihan. Setelah gelar telah resmi kamu sandang, apapun bisa dipilih. Ikuti kata hati saja. Mau kerja di bidang apa? Ingin menekuni profesi apa? Tipe pekerjaan apa yang diinginkan? Ingin tinggal di mana? Mau nikah kapan? Apapun bisa kamu pilih. Dan jangan lupa, setiap pilihan membawamu kepada konsekuensinya masing-masing.

  1. Bekerja Tidak Harus “Ngantor”

Di era digital yang makin pesat ini, kalian bisa menghasilkan uang lewat segala cara. Yang penting halal ya, hehe. Manfaatkan gadget kesayanganmu untuk mendulang Rupiah. Jangan hanya untuk bermedia sosial. Lagian, makin ke sini makin banyak pekerjaan lepas (freelance) yang oke punya. Pilih deh yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Entah menulis, merancang web, membuat program, mendesain, jualan online, atau yang lainnya. So, dengan ponsel dan laptop kamu bisa bekerja di mana saja.

  1. Ambillah Gap Year

Jika kamu lulus kuliah dan sudah tahu dengan tujuan hidup, selamat ya! Karena banyak orang di luar  sana yang masih galau dengan masa depan. Mereka mengikuti arus. Bekerja apa saja asalkan tidak menganggur walaupun kompetensinya tidak “nyambung”. Daripada buru-buru untuk bekerja di mana, langsung bisnis atau kuliah lagi, mending istirahat jenak deh. Liburlah seperlunya. Entah tiga bulan, satu semester, atau satu tahun untuk berkontemplasi. Kamu bisa jalan-jalan, menekuni hobi, berkumpul bersama keluarga, atau membuat proyek kesukaanmu. Karena apa? Jika telah bekerja kantoran rasanya sulit deh untuk bisa mendapatkan cuti lebih dari dua minggu.

  1. Mau S2? Pikir-pikir Lagi Dulu Deh

S2 penting nggak? Bisa ya, bisa tidak. Penting jika kamu benar-benar membutuhkannya dan sudah mantap dengan tujuan karir. Tapi tidak penting jika kamu sebaliknya. Kenapa? Karena seorang Master idealnya menyukai dan menguasai bidang yang diambil. Bukan coba-mencoba lagi seperti jenjang sebelumnya. Lagian, S2 tidak menjamin kesuksesanmu atau kemajuan karirmu. Kecuali kamu seorang peneliti hehe. So, jika kamu ingin melanjutkan S2, pertimbangkan lagi.

  1. Bisnis Mungkin Menjadi Pilihan

Akan datang suatu masa ketika mencari pekerjaan merupakan aktifitas utamamu. Karena persaingan kerja yang makin gila, bukan tidak mungkin kamu akan dibuat stress karenanya. So, jika kamu memang bakat jualan dan nggak mau “disuruh-suruh”, mending bisnis sendiri deh. Setidaknya dengan berbisnis kamu tidak menambah angka pengangguran. Syukur-syukur kamu bisa merekrut orang-orang yang tidak seberuntung dirimu.

 

Sekali lagi, bagi kamu para Fresh graduate, Kampusgw.com mengucapkan selamat atas kelulusanmu. Kami menyarankan kalian untuk mempertimbangkan lima hal di atas sebelum melangkah lebih jauh. Terus semangat ya guys!

 

Sumber foto: Shutterstock

Categories:   Fresh Graduates

Comments

  • Posted: Dec 8, 2016 07:48

    retha

    wauuu
  • Posted: Dec 8, 2016 11:23

    admin

    Hehe. Kenapa kak?

error: Content is protected !!