Kampusgw.com

Menu

Jadi, Kamu Pilih Jurusan HI? 20 Perguruan Tinggi dengan Jurusan HI terbaik di Indonesia

Program studi hubungan internasional (HI) merupakan salah satu jurusan favorit. Setiap tahunnya, ratusan ribu lulusan SMA/sederajat yang bersaing memperebutkan “kursi” di berbagai kampus dari Sabang sampai Merauke.

Nah, mana saja sih perguruan tinggi yang keren? Mana saja sih perguruan tinggi dengan jurusan HI terbaik di Indonesia? Jawabannya tentu saja relatif ya. Masing-masing kampus mungkin akan saling klaim, hehe.

Namun, fakta tidak bisa berbohong. Karena baik atau tidaknya suatu jurusan bisa dilihat dari berbagai aspek. Misalnya, keterserapan kerja alumni HI pada sektor-sektor yang relevan, kepuasan perusahaan/institusi yang merekrut alumni HI, akreditasi jurusan HI, branding jurusan HI, tingkat menunggu kerja alumni HI setelah (atau sebelum) wisuda dan seterusnya.

Berdasarkan riset internal Kampusgw.com, berikut ialah 20 perguruan tinggi dengan jurusan HI terbaik di Indonesia. Catat ya teman-teman.

  1. Hubungan Internasional (HI) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  2. Hubungan Internasional (HI) Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  3. Hubungan Internasional (HI) Universitas Indonesia, Depok
  4. Hubungan Internasional (HI) Universitas Padjajaran, Bandung
  5. Hubungan Internasional (HI) Universitas Paramadina, Jakarta
  6. Hubungan Internasional (HI) Universitas Jember, Jember
  7. Hubungan Internasional (HI) Universitas Airlangga, Surabaya
  8. Hubungan Internasional (HI) Universitas Riau, Pekanbaru
  9. Hubungan Internasional (HI) Universitas Brawijaya, Malang
  10. Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta
  11. Hubungan Internasional (HI) Universitas Diponegoro, Semarang
  12. Hubungan Internasional (HI) UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan
  13. Hubungan Internasional (HI) Universitas Pelita Harapan, Tangerang
  14. Hubungan Internasional (HI) Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta
  15. Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Malang, Malang
  16. Hubungan Internasional (HI) Universitas Hasanuddin, Makassar
  17. Hubungan Internasional (HI) Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta
  18. Hubungan Internasional (HI) Presiden, Cikarang Bekasi
  19. Hubungan Internasional (HI) Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi
  20. Hubungan Internasional (HI) Universitas Pasundan, Bandung

 

Sumber gambar: paramadina.ac.id

Categories:   Jurusan

Comments

  • Posted: May 22, 2018 17:35

    Pingkan

    Ini dibuat tgl brp yaa?
  • Posted: May 23, 2018 05:21

    admin

    Sudah lama Pingkan, coba lihat.
  • Posted: Aug 30, 2018 20:36

    Della ramadhani

    Kak mau masuk jurusan HI itu yg harus kita lakukan apa? Jujur aku mau banget masuk jurusan ini tpi nilai aku nggak dukung dan aku bukan siswa di kalangan peringkat 10 besar
  • Posted: Aug 31, 2018 15:12

    admin

    Banyak baca sih. Tanyakan dengan jujur, mengapa kamu mau masuk jurusan HI? Mengapa kamu tidak ambil jurusan lain? Setelah lulus, mau jadi apa?
  • Posted: Sep 16, 2018 08:01

    Oliver

    kak saya dari jurusan ipa mau ke jurusan ips yaitu HI karena saya menyukai sejarah dunia,konflik politik perang antar dunia,strategi pertahanan militer antar negara,pecinta perang dunia ke 2,tapi b.inggris masih ala kadarnya apakah masih cocok kak memperjuangkan jurusan ini?,sekian kak dari saya sampaikan semoga kakak bisa memberi saran hehe...^-^
  • Posted: Sep 18, 2018 10:52

    admin

    Halo Oliver. Cocok saja kok. Karena buku-buku HI sebagian besar berbahasa Inggris, kamu harus lebih rajin ya. Kamu pasti bisa! Semangat.
  • Posted: Oct 4, 2018 15:03

    Dhimas

    Kak aku anaknya jarang baca buku n susah di suruh baca tapi suka hal" berbau politik,penalaran masalah,dll intinya yang berbau militer berlatar belakang sejarah gitu kira" apa masih ada kemungkinan masuk ke jurusan H.I?
  • Posted: Oct 7, 2018 09:08

    admin

    Nggak ada yang nggak mungkin kok Dhimas. Kalau mau sukses di HI, kamu harus "gaul", banyak baca, berdiskusi, berorganisasi dan mencoba hal-hal baru. Semoga sukses ya.
  • Posted: Nov 7, 2018 21:51

    Tommy Mandala

    Saya tidak termasuk siswa yang pintar tapi saya sangat menyukai sejarah sejarah dunia dari segi kebudayaan,militer,politik negara negara lain. Dan juga saya sudah berniat untuk masuk jurusan HI.. apakah saya punya kesempatan untuk bersaing ikut test di UGM dan UI?
  • Posted: Nov 8, 2018 09:21

    admin

    Hai Tommy. Wah minatmu itu sudah menjadi modal yang sangat berharga. Pasti punya kesempatan. Semangat mencoba ya. Semoga kamu berhasil.

error: Content is protected !!