Kampusgw.com

Menu

6 Jurusan Tak Populer Yang Malah Dibutuhkan Dunia Kerja

 Memilih jurusan kuliah memang tidak mudah. Pasalnya, apapun yang dipilih akan membawa konsekuensi besar di kemudian hari. Oleh karena itu, harus dipertimbangkan secara matang sebelum memutuskan.

Lazimnya, orang memilih jurusan tertentu karena didorong oleh beberapa faktor. Mulai dari peluang pekerjaan setelah tamat, minat, bakat, keterampilan, kepribadian, hingga pengaruh lingkungan. Alhasil, ada beberapa jurusan yang setiap tahunnya dipenuhi oleh peminat. Sebaliknya, ada segelintir jurusan yang nyaris ‘mati suri’ karena minimnya jumlah mahasiswa.

Nah, berikut ini ialah 6 jurusan yang tak populer tapi malah dibutuhkan di dunia kerja. Simak ya teman-teman. Siapa tahu adik, sepupu, atau keponakanmu membutuhkannya di kemudian hari.

Jurusan Aktuaria

Sejumlah kampus yang memiliki jurusan ini antara lain: Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada,  dan Universitas Indonesia.

Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan

Perguruan tinggi lokal yang membuka jurusan ini: Universitas Brawijaya Malang, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Sriwijaya Palembang, Universitas Hasanuddin Makassar,dan Institut Pertanian Bogor (IPB)

Jurusan Oseanografi

Kampus yang memiliki jurusan ini antara lain: Institut Teknologi Bandung,  Universitas Diponegoro, dan Institut Pertanian Bogor.

Jurusan Teknik Perkapalan

Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan ini di antaranya: Universitas Indonesia  Depok,  Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Diponegoro Semarang,  Universitas Hasanuddin Makassar.

Jurusan Teknik Nuklir

Kampus populer: Universitas Gadjah Mada dan  Institut Teknologi Bandung.

Jurusan Teknik Biomedik

Perguruan tinggi yang membuka jurusan ini di antaranya: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung.

 

Sumber gambar: smartfutures.org

Categories:   Jurusan

Comments