Kampusgw.com

Menu

3 Pekerjaan Sambilan dengan Penghasilan Tertinggi untuk Mahasiswa

Hari gini, kuliah itu suatu privilege yang harus disyukurin banget ya. Pasalnya, teman-teman kita di luar sana banyak yang harus “gigit jari” lantaran nggak ada biaya. So, bagi lho yang sekarang duduk manis di kampus jangan sekali-kali menyia-nyiakan waktu. Catet ya!

Nah, masalahnya biaya kuliah dari waktu ke waktu makin mahal aja ya sob. Begitu halnya dengan biaya hidup. Sudah terbayang kan gimana pusingnya ayah dan ibu kita mencari rizki. Udah gitu ekonomi juga kurang baik pula. Duh . . .

Well, tugas kalian mahasiswa yang utama memang belajar ya. Yes, belajar. Baik di dalam kelas maupun di luar kelas yang sesuai dengan hobi masing-masing. Entah ikutan BEM, Himpunan Jurusan, organisasi kepemudaan, organisasi nirlaba, yayasan sosial atau apapunlah itu namanya.

Bagi teman-teman yang nggak ingin terlalu menyusahkan orang tua, ada kabar baik loh. Akhir-akhir ini makin banyak peluang pekerjaan sambilan yang pas banget untuk mahasiswa. Selain bisa menambah uang saku atau ditabung, pekerjaan semacam itu bisa memberimu pengalaman keren sebelum wisuda.

Nah, apa aja sih pekerjaan part time yang cocok untuk mahasiswa? Apa aja sih pekerjaan lepas dengan bayaran yang oke? Oke mari kita bahas satu persatu.

Agen Asuransi

Di Indonesia ini tingkat penetrasi asuransi masih terbilang sangat rendah. Dalam arti, masyarakat yang memiliki polis masih sangat jauh dari yang seharusnya. Itu berita yang bagus untuk kalian yang mau terjun di dunia asuransi.

Ngapain sih kerjaannya? Sederhana banget. Kamu hanya butuh meyakinkan masyarakat untuk menjadi nasabah asuransi. Nah, setiap ada orang yang menjadi nasabah, kamu akan mendapatkan komisi yang biasanya bisa satu sampai dua tahun dan ditransfer perbulan ke rekeningmu. Huaaaa, lumayan kan.

Makin tinggi polis yang diambil, makin besar pula  komisi yang kamu dapat. Di sini berlaku hukum kelipatan sob.

So, kalau kamu serius, kamu hanya perlu modal nekat. Pintar-pintar aja bicara, menguasai produk yang ditawarkan dan jangan lupa  ambil sertifikasi dari AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia).

Di luar sana ada banyak perusahaan asuransi yang terbuka untuk merekrut kamu. Baik yang lokal maupun multinasional. Misalnya Allianz, Prudential, Sequis Life, Asuransi Bintang, MNC Life, Recapital, ACA, Zurich, Asuransi Sinarmas, Asuransi Dayin Mitra, Tokio Marine, dan AJB Bumiputera.

Agen Properti

Nah, nggak kalah dengan agen asuransi ya. Agen properti ternyata juga bisa menjanjikan komisi yang luar biasa besar. Apa pasal?

Karena sederhana sih. Setiap orang butuh rumah. Entah untuk ditinggali, atau sekedar untuk investasi. Kelas kaya dan kelas menengah juga makin gencar melirik apartemen hingga ruko.

Kamu hanya perlu menjual, menjual, dan menjual. Hanya itu sob. Pastikan kamu juga menguasai teknik negosiasi, teknik closing, dan psikologi komunikasi. O ya, kamu juga perlu paham hukum bisnislah ya.

Jika tertarik, kamu bisa mencoba beberapa agensi properti kenamaan. Sebut saja Ray White, Century 21, hingga Era.

Pemasar Jaringan

Nah, ini nih yang sangat populer. Kamu bisa menjadi pemasar jaringan. Bahasa kerennya sih menjadi konsultan pemasaran langsung (direct selling). Bahasa lainnya ya agen Multi Level Marketing (MLM).

Di sini, dengan modal yang cukup terjangkau, kamu bisa mendapatkan penghasilan tak terbatas. Makin banyak produk yang bisa kamu jual, makin besar komisi yang lho dapat. Makin besar tim yang kamu bangun, makin “gila” lagi uang yang masuk ke rekeningmu.

Yang menjadi persoalan, apakah kamu mau atau nggak? Apakah kamu gengsi atau tidak? Apakah kamu memiliki impian yang kuat atau tidak?

Jika penasaran, kamu bisa mengikuti dulu seminar peluang bisnis yang biasanya mereka adakan tiap pekan. Entah perusahaan MLM lokal maupun global. Seperti CNI, K-Link, Usana, Nu Skin, Amway, Tiens, hingga Jeuneusse.

Nah, tiga hal di atas sepertinya bisa kamu coba teman-teman. Nggak ada ruginya kan dicoba? Lagian fleksibel waktunya kok. No pain, no gain.

Ketiga jalan di atas cocok dijalankan oleh mahasiswa dengan tawaran komisi yang menggiurkan. Nggak mau kan terus-terusan minta uang jajan ke orang tua? Hehe. Selamat berjuang kawan!

 

Sumber gambar: wooshii.com

Categories:   Karir

Comments