Kampusgw.com

Menu

Mau Magang? Pertimbangkan Yang Ini Dulu

Magang. Apa sih yang ada di benak teman-teman ketika mendengar kata itu? Mungkin belajar bekerja yang tidak dibayar? Kerja praktek? Ngisi waktu sebelum lulus? Beban? Atau ada yang lainnya?

Apapun penilaian teman-teman, magang merupakan satu kesempatan berharga yang seharusnya sih tidak kamu lupakan. Apa pasal? Karena itu merupakan kesempatan emas untuk mempraktekkan apa yang telah kamu pelajari di kelas. Magang memberikanmu pengalaman yang benar-benar baru. Teori yang sering kamu gunakan di perkuliahan bisa jadi nampak usang ketika menjalani magang. Kesempatan itu juga membuka matamu tentang pekerjaan – satu kegiatan yang wajib kamu jalani kelak.
Nah sebelum teman-teman magang, Kampusgw.com memiliki beberapa hal nih yang harus dipertimbangkan. Siapa tahu bisa mengingatkan atau menyadarkanmu.  Yuk dimulai!

Lokasi

Lokasi itu mah penting banget. Kenapa coba? Karena magang biasanya berkisar antara 1 sampai 6 bulan. Pastikan kamu mengetahui berapa biaya hidup rata-rata jika tempat magang yang akan dijalani berbeda kota dengan tempatmu kuliah. Kamu bisa riset kecil-kecilan sekarang dengan mendaftar seluruh rincian pengeluaran harian dan tak terduga.

Institusi

Nah ini nih, penting banget. Tidak menutup kemungkinan kamu akan direkrut sebagai karyawan tetap di tempatmu magang jika kinerjamu bagus. Nah, oleh karena itu jangan asal sebar lamaran magang ya. Cari tahu apakah keterampilan dan kepribadianmu cocok dengan budaya kerja di institusi itu. Cari tahu bergerak di bidang apa institusi itu, bagaimana rekam jejaknya, dan reputasinya.

Bidang

Nah, anak magang biasanya ditempatkan di divisi atau bagian yang memang membutuhkan. Kamu bisa saja ditempatkan di bagian keuangan, pemasaran, kehumasan, SDM, umum, teknologi informasi, penjualan, atau yang lainnya. Pastikan apa yang ingin kamu dalami bisa kamu dapatkan di situ. Tapi kamu juga harus fleksibel ya. Karena tingkat persaingan untuk mendapatkan “kursi magang” cukup tinggi, hihi.

Keterampilan

Tentunya kamu memiliki keterampilan dong  sekarang mah.  Keahlian khusus yang kamu dapatkan selama kuliah. Nah, kamu bisa magang di tempat yang benar-benar sesuai dengan keterampilanmu teman. Kamu juga bisa mencoba keterampilan baru lain yang benar-benar berbeda. Tapi itu semua bergantung institusi yang membutuhkannya sih.

Benefit

Ada banyak perusahaan yang membayar mahasiswa magang. Tidak sedikit juga yang hanya memberikan “surat keterangan”. Nah, kamu harus pikir baik-baik dari sekarang. Apakah kamu mengambil magang hanya sebagai syarat untuk lulus? Ataukah kamu memang ingin benar-benar memanfaatkannya sebagai jembatan untuk masuk di bursa kerja? Dibayar atau tidak, magang sebaiknya kamu jalani. Kapan lagi bisa bekerja tanpa dimarahi jika ada kesalahan?

Nah, itu dulu ya teman-teman Kampusgw.com. Sebenarnya masih ada banyak  hal lain yang harus dipertimbangkan. Tapi kami kira hal-hal di atas sudah cukup mewakili ya. Selamat menjalani magang. Semoga sukses.

 

Sumber gambar: ANU

Categories:   Karir

Comments