Kampusgw.com

Menu

Mau Ambil Jurusan Hubungan Internasional? Ragam Profesi Yang Paling Cocok untuk Lulusan Hubungan Internasional

Ilmu Hubungan Internasional (HI) merupakan salah satu jurusan yang paling bergengsi di kampus manapun. Tak mengherankan, untuk diterima sebagai mahasiswa HI di kamus favorit tidaklah mudah karena persaingan sedemikian ketatnya. Akibatnya, dari tahun ke tahun semakin banyak saja perguruan tinggi yang membuka program studi hubungan internasional. Pasalnya, animo lulusan SMA untuk menjadi mahasiswa HI begitu tinggi.

Sejak duduk di semester pertama, mahasiswa HI sudah dilatih untuk  memahami isu-isu global masa kini. Politik luar negeri, konflik, peperangan, perdamaian, hingga diplomasi sudah menjadi bagian dari kesehariannya. Kefasihan berbahasa Inggris secara langsung maupun tidak langsung terasah dari bacaan-bacaan wajib hingga simulasi-simulasi sidang PBB. Sementara itu kemampuan berbahasa asing selain Inggris seperti Mandarin, Korea, Jepang, Perancis, Arab, Spanyol, hingga Portugis diperoleh dari mata kuliah-mata kuliah pilihan.

Singkat kata, lulusan hubungan internasional memiliki daya saing cukup tinggi di bursa kerja. Mereka bisa bekerja di mana saja sesuai dengan keterampilan, passion, minat dan bakatnya.

Lantas, profesi apa saja yang paling cocok untuk lulusan hubungan internasional? Nah, berikut ialah pekerjaan-pekerjaan yang biasanya diisi oleh alumni HI.

Diplomat

Ini sepertinya menjadi profesi yang paling difavoritkan oleh mahasiswa HI. Bekerja di Kementerian Luar Negeri yang memungkinkan mereka untuk keliling dunia membawa nama bangsa. Sebuah profesi yang memungkinkan mereka mempraktekkan ilmu yang dipelajari bertahun-tahun di bangku kuliah. Sebuah pekerjaan yang mungkin paling diperebutkan dengan tingkat persaingan yang begitu gila.

Pemasar

Anak HI sudah terlatih untuk berbicara di depan publik. Kemampuan berbicaranya tidak diragukan. Itu mengapa sangat cocok menjadi pemasar di industri manapun. Profesi yang menggunakan kemampuan bernegosiasi, presentasi, atau bertemu orang banyak memang sangat cocok bagi alumni hubungan internasional.

Event Organizer

Profesi ini memungkinkan alumni HI untuk bertemu dengan orang-orang baru setiap saat. Mereka berkesempatan menuangkan ide-ide kreatif di setiap event. Tak hayal, begitu banyak sarjana HI yang tergiur dan terbukti sukses di pekerjaan ini.

Wartawan

Kemampuan menulis lulusan HI agaknya tidak perlu dipertanyakan lagi. Itu mengapa para jawara di industri media dipenuhi oleh lulusan hubungan internasional. Pada umumnya, mereka memilih menjadi wartawan di awal karirnya.

Penulis

Tidak sedikit penulis paling berpengaruh di Indonesia merupakan jebolan ilmu hubungan internasional. Baik untuk buku fiksi maupun non-fiksi. Bisa dimaklumi, selama di bangku kuliah, mahasiswa HI sudah terbiasa menulis esai atau makalah. Jadi, menulis yang mensyaratkan keterampilan berpikir analitis maupun kreatif sudah tidak mengagetkan lagi di dunia kerja.

Peneliti

Meneliti sudah menjadi keseharian mahasiswa HI. Itu mengapa peluang menjadi peneliti baik di lembaga pemerintahan maupun swasta selalu dibanjiri oleh pelamar dari lulusan hubungan internasional.

Staf Organisasi Internasional

Kedutaan besar negara sahabat maupun organisasi internasional lainnya selalu menjadi incaran anak HI. Mereka membidik profesi ini karena tentu saja bisa memanfaatkan kemampuan berbahasa Inggris dan pengetahuan umumnya yang begitu luas. Suatu modal nyata yang belum tentu dimiliki oleh lulusan dari jurusan lain.

Pekerja Sosial

Anak HI sudah terbiasa dengan diskursus politik sejak awal. Tak hayal selama menjadi mahasiswa banyak yang menjadi aktivis sosial. Tidak hanya menjadi relawan, tidak sedikit di antara mereka yang menjadi staf paruh waktu. Bahkan ada juga yang mendirikan organisasi nirlaba sendiri. Intinya, menjadi pekerja sosial cocok sekali untuk alumni HI.

Pengusaha

Pola pikir yang mengglobal dengan pemahaman kearifan lokal menjadi “senjata” alumni HI memasuki dunia kewirausahaan. Pasalnya, di jurusan HI sudah diajarkan isu-isu perdagangan internasional, ekonomi internasional, ekonomi politik internasional dan mata kuliah lain yang terkait. Tak mengagetkan jika tidak sedikit alumni HI yang sukses berbisnis dengan jaringan mendunia.

 

Nah, bagaimana? Sudah paham? Yang pasti, profesi yang cocok untuk anak HI bukan hanya yang tertera di atas. Mereka bisa survive di mana pun. Tidak berbeda dengan jebolan perguruan tinggi di jurusan  lainnya.

Categories:   Karir

Comments

error: Content is protected !!