Kampusgw.com

Menu

Keterampilan, Bukan Gelar

Bisa melanjutkan belajar hingga level perguruan tinggi adalah anugerah. Pasalnya, tidak banyak saudara-saudara kita yang seumuran bisa mencapainya. Entah karena masalah biaya, minimnya akses informasi, kurangnya dukungan orang tua maupun yang lainnya.

Yang harus diingat, kuliah bukanlah semata-mata mencari gelar. Tapi lebih dari itu. Di jenjang ini setiap mahasiswa dituntut untuk mengembangkan diri, mengasah keterampilan, menempa mental, menguatkan karakter, dan meluaskan jejaring.

Apapun motivasinya, setiap mahasiswa memiliki pendirian yang beragam. Kampusgw.com tidak bisa memaksa teman-teman untuk menjadi ini dan itu, melakukan A atau B. Kami tidak memiliki hak untuk mendikte.

Namun jika boleh memberikan saran, kami menganjurkan semua mahasiswa untuk lebih mementingkan pengembangan diri daripada semata-mata selembar ijazah. Kenapa?

Karena sukses atau tidaknya teman-teman di kehidupan nyata tidak ditentukan oleh gelar. Ya memang benar bahwa masih ada beberapa posisi tertentu yang mensyaratkan ijazah. Tapi, yang terpenting justru karakter, kepemimpinan, dan manajemen.

Semua elemen di atas bisa dibentuk di masa kuliah. Ibaratnya, belajar di perguruan tinggi itu sebuah kolam yang dibuat khusus untuk latihan berenang. Nah, tugas teman-teman ialah sebisa mungkin menguasai keterampilan berenang dengan waktu yang amat terbatas. Mengapa?

Karena ketika waktunya tiba untuk lulus, teman-teman mau tidak mau, suka atau tidak suka harus berenang di samudera luas. Di sana, ada begitu banyak ombak ataupun badai yang sewaktu-waktu bisa menghambatmu ke “pulau impian”.

Apakah perenang butuh teori? Yes, idealnya begitu. Tapi menguasai teori saja tidaklah cukup kawan.

Untuk bisa menjadi profesional handal, harus terjun di lapangan. Dibutuhkan ribuan jam untuk bisa menjadi ahli. Di sepanjang prosesnya diliputi dengan keringat, darah, dan air mata. Oleh karena itu, hanya orang-orang yang paling bisa menyesuaikan diri bertahan. Bukan yang terkuat, terpintar, atau yang lainnya.

Ya, analogi berenang mungkin terlalu sempit dengan perkuliahan. Tapi percayalah. Kuliah itu tentang pengembangan diri, pembentukan mental, penguatan karakter, pengasahan keterampilan, dan perluasan jejaring. Bukan hanya gelar. Bukan semata-mata demi selembar ijazah.

So, renungkan lagi motivasi Anda. Ngapain kuliah sekarang? Mau apa setelah lulus?

Categories:   Pengembangan Diri

Comments