Kampusgw.com

Menu

5 Website Yang Wajib Sering Dikunjungi Sarjana Baru

Kamu udah sarjana?

Huaaa, selamat ya. Akhirnya lulus juga ya. Seribu jempol.

Euforia kelulusan perkuliahan memang menjadi hal yang wajar. Pasalnya, bisa menyelesaikan kuliah itu tidak mudah. Entah karena faktor biaya, motivasi, atau hal-hal lain yang bersifat pribadi.

Dulu, menjadi seorang Sarjana nampaknya wah banget ya. Karena memang jumlah orang yang beruntung kuliah tidak banyak. Jadi begitu mahasiswa lulus, belum diwisuda pun sudah banyak diperebutkan perusahaan hingga lembaga-lembaga negara.

Sekarang gimana?

Banyak sarjana yang menjadi benalu untuk keluarganya. Banyak fresh graduate yang masih tega menjadi beban orang tuanya. Banyak lulusan perguruan tinggi yang sulit mencari pekerjaan.

Apa benar?

Yes, itu benar sob. Jumlah pencari pekerjaan tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan. Jadi ya gitu deh. Pengangguran dimana-mana.

Nah, kamu nggak mau kan menjadi pengangguran? Tapi pasti mau kan sukses berkarir? Jika ya, kamu harus sering-sering mengakses website yang mendukung misi lho.

Apa aja sih website yang oke banget untuk fresh graduate? Ada banyak. Ya banyakkkk.

Kampusgw.com memberikan beberapa di antaranya saja ya. Yuk mari, dimulai.

Linkedin.com

Ini mah situs jejaring profesional. Mirip Facebook gitu deh. Bedanya ini khusus untuk dunia karir. Buat deh sekarang akun di situ. Tulis semua pencapaian yang kamu dapat. Jelaskan siapa diri lho. Paparkan mengapa kamu pantas direkrut. Tunjukkan kepada dunia apa yang lho bisa kerjakan. ‘Jual’ diri lho habis-habisan dah di situ. Dan jangan lupa, dekati para profesional di bidang yang kamu kagumi.

Jobstreet.co.id

Ini sih portal pencarian kerja dari negeri jiran  Malaysia ya sob. Lho wajib punya akun di situ deh ya. Pasalnya, dibandingkan dengan portal sejenis lainnya, yang ini mah oke banget. Memang nggak sempurna sih. Tapi tetap, sangat direkomendasikan, hehe.

Qerja.com

JIka kamu kepo dengan gaji ini nih tempat yang pas. Di sini kamu bisa mengetahui informasi mengenai tempat kerja dan gaji, khususnya perusahaa yang berada di Indonesia. Kamu juga bakal sering mendapatkan tips dari para rock star  di bidang masing-masing. Cocok banget untuk cari inspirasi.

Lifehack.org

Ini sebenarnya bukan monopoli untuk para sarjana baru. Tapi lebih memberikan tips-tips yang berguna banget untuk hidup lho. Seperti komunikasi, gaya hidup, uang, produktifitas, teknologi, pekerjaan, motivasi, hubungan asmara, kesehatan dan seterusnya.  Memang sih berbahasa Inggris, tapi bukannya justru itu memancing kamu untuk meningkatkan kemampuan kan? Hehe. Coba deh.

Techinasia.com

Belakangan makin ‘booming’ ya startup di Indonesia. Yes, benar. Itu berarti kewirausahaan di negeri kita makin bergairah. Nah, portal ini cocok bagi kamu untuk ngikutin update seputar perusahaan rintisan di Asia. Kamu bisa belajar bagaimana suka duka membangun bisnis dari nol, apa saja tipsnya, bagaimana mencari investor, dan seterusnya. Rugi deh kalau nggak baca. Apalagi bagi kamu yang berminat bisnis di suatu hari kelak.

Nah, itu dulu ya teman-teman. Jangan lupa untuk menggunakan internet dengan cerdas. Ingat ya, internet itu seperti pisau. Bisa membuatmu keren, tapi juga bisa membunuhmu hehe. Semangat!

 

Sumber gambar: theodysseyonline.com

Categories:   Ragam

Comments

  • Posted: Aug 2, 2018 14:50

    herlina

    cek
  • Posted: Aug 3, 2018 08:24

    admin

    Sip.

error: Content is protected !!