Kampusgw.com

Menu

Kenali Danadidik.com lebih jauh yuk! Dipo Satria Ramli: Memperjuangkan Pendidikan Tinggi Untuk Semua

Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya kuliah makin melambung dari tahun ke tahun. Kenyataan ini menjadi berita “tidak baik” bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang beruntung. Beruntung, sekarang ini makin banyak juga program beasiswa dari berbagai kalangan. Selain itu, ada pula program pinjaman biaya kuliah dengan bunga yang kompetitif. Salah satunya ialah DANAdidik. 

Danadidik.com adalah situs crowdfunding untuk pinjaman pendidikan. DANAdidik memfasilitasi dan menghubungkan (i) siswa yang mencari pinjaman pendidikan dan (ii) sponsor yang mau berinvestasi di pinjaman.

Danadidik.com merupakan perintis crowdfunding untuk pembiayaan pendidikan di Indonesia. Startup  ini didirikan oleh Dipo Satria Ramli bersama rekannya. Terinspirasi dari pengalaman pribadinya ketika kuliah di negeri orang, DANAdidik memiliki misi besar untuk mewujudkan pendidikan tinggi untuk semua.

Nah, penasaran kan dengan layanan DANAdidik? Apa  yang mengilhami  Dipo Satria Ramli untuk mendirikan platform ini? Bagaimana tantangan awalnya? Dan apa  saja yang masyarakat Indonesia bisa lakukan untuk membantunya makin berkembang? Simak nukilan wawancara Kampusgw.com berikut ya.

 

 

Siapakah nama lengkap Anda?

Dipo Satria.

 

Bisa diceritakan latar belakang pendidikan Anda?

Saya menamatkan S1 jurusan Ilmu Komputer di SUNY Albany, Amerika Serikat dan MBA di Instituto de Empresa, Spanyol.

 

Apa kesibukan utama Anda sehari-hari? 

Full time 100% di DANAdidik. Karena kita masih startup kecil, pekerjaan masih      merangkup semua dari operasional, pemasaran, hingga keuangan.

 

Anda dikenal sebagai Danadidik.com. Apa motivasi Anda mendirikan platform tersebut?

Ceritanya cukup personal. Ibu saya sebenarnya kesulitan membayar uang kuliah. Co-founder saya pun tiap semester selalu deg-degan. Rasanya penting untuk mencoba membawa perubahan sosial ke masyarakat. Berdasarkan data USAID, 19.4 juta pemuda di Indonesia tidak berkesempatan kuliah.

 

 

Bagaimana tantangan Anda dalam membangun dan membesarkan Danadidik.com?

Pinjaman pendidikan (student loan) adalah hal yang sangat baru di Indonesia. Banyak bank besar & BUMN pernah mencoba, namun belum ada yang sukses. Di tahun pertama kami sangat fokus dalam mengembangkan produk student loan itu sendiri – regardless sumber dana dari mana, terjadi banyak pivot dan perubahan.

 

Sejak kapan Danadidik.com berdiri? 

  1. Tapi kami baru aktif di awal 2017.

 

Kalau boleh tahu apa misi  Danadidik.com?

Pendidikan tinggi untuk semua.

 

Apa saja sih program atau layanan Danadidik.com?

Saat ini produk utama kami adalah student loan (pinjaman pendidikan). Kami juga sempat menawarkan beasiswa, namun jumlahnya sangat terbatas.

 

Apakah yang menjadi diferensiasi Danadidik.com dengan program student lainnya di Indonesia atau luar negeri? 

Saat ini DANAdidik adalah satu-satunya penyedia pinjaman pendidikan di Indonesia. Yang membedakan pinjaman pendidikan dengan pinjaman lain adalah (1) pinjaman pendidikan digunakan khusus untuk pendidikan tinggi (bukan untuk pembiayaan konsumtif), (2) pinjaman pendidikan bunganya lebih murah (soft loan) dibandingkan KTA atau kartu kredit , dan (3) tenornya panjang – lebih dari 3 tahun umumnya.

 

 

Selama ini, siapa saja partner yang telah mendukung Danadidik.com?

Cukup banyak dari accelerator seperti PNP, impact investor seperti Garden Impact Investment, dan juga partner kampus.

 

 

Bagaimana respon dunia pendidikan, pemerintah atau siswa sendiri dengan layanan Danadidik.com?

Tentunya kami sangat percaya value pendidikan, terutama pendidikan vokasi. Cita-cita kami adalah dapat bekerja dengan pemerintah untuk membangun dana abadi pendidikan (DANAdidik juga punya dana abadi pendidikan di bawah Yayasan Dana Abadi Pelajar), untuk memastikan setiap warga Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk meraih pendidikan tinggi.

 

Berapa besar maksimal (dan minimal) pinjaman yang diberikan oleh Danadidik.com?

Maksimal pinjaman sampai dengan Rp 20 juta.

 

Apa saja syarat menjadi penerima  manfaat Danadidik.com?

Syarat adalah (i) sudah terdaftar dalam universitas / kampus dan (ii) lulus dalam kurang dari 2 tahun.

 

Sejauh ini bagaimana dengan cakupan penerima manfaat pinjaman? Apakah baru untuk mahasiswa/pelajar dari Jabodetabek? ataukah sudah menasional? 

Sudah sangat nasional. Untuk program studi Keperawatan contohnya, kami sudah mendanai mahasiswa di Jember, Bali, bahkan Kalimantan.

Apakah ada program Student Loan sejenis di luar negeri yang menjadi benchmark?

Ada di Eropa dan Australia. Di sana program student loan benar-benar soft-loan, sehingga tidak memberatkan mahasiswa. Ini hanya dapat dilakukan apabila terdapat support dan bantuan pemerintah pusat pada akhirnya.

 

Apa saja yang bisa dilakukan masyarakat luas untuk mendukung misi mulia Danadidik.com? Bagaimana publik bisa membantu program-programnya?

Bisa mulai dengan membantu mempromosikan – sebar ke keluarga, teman atau tetangga yang membutuhkan dana pendidikan. Di lain sisi juga, kami menerima donasi untuk dana abadi pendidikan kita.

 

Bagaimana dengan funding dan financing. Apakah Danadidik.com bekerjasama dengan lembaga tertentu? 

Ada, dengan perusahaan investasi di Singapura.

 

Bagaimana Anda melihat Danadidik.com pada 5, 10, atau 25 tahun mendatang? 

Dengan program dana abadi pendidikan, kami berharap agar dana ini terus berkembang. Semoga dengan adanya dana abadi ini, tidak ada lagi mahasiswa yang putus kuliah.

 

Apa harapan Anda kepada pemerintah, media, lembaga pembiayaan/perbankan, perguruan tinggi, dan masyrakat sipil terkait program Danadidik.com

Tingkat pemuda yang berpendidikan tinggi di Indonesia masih sangat rendah. Semua dapat berpartisipasi meningkatkan jumlah dan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

 

Categories:   Ragam

Comments