Kampusgw.com

Menu

Program-Program Unggulan Kemristekdikti Untuk Mahasiswa

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) adalah salah satu payung organisasi yang menjadi lokomotif kemajuan Indonesia. Bagi kalangan mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan dari kementerian ini tentunya tidak asing lagi. Pasalnya, setiap tahunnya berbagai program menarik digulirkan untuk memajukan pendidikan Indonesia. Kenyataan tersebut tidaklah berlebihan lantaran ia memiliki tugas untuk melaksanakan  penyiapan perumusan kebijakan, fasilitasi, pengawasan dan pengendalian, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang kemahasiswaan.

Sebagaimana dilansir dari situs resmi Kemristekdikti, Direktorat Kemahasiswaan ini memiliki fungsi beberapa fungsi sentral yaitu:

  • Penyiapan perumusan kebijakan di bidang penalaran dan kreativitas, kesejahteraan mahasiswa, kewirausahaan, minat dan bakat, organisasi kemahasiswaan, serta penyelarasan dunia kerja;
  • Fasilitasi di bidang penalaran, kreativitas, kesejahteraan mahasiswa, kewirausahaan, minat dan bakat, organisasi kemahasiswaan, serta penyelarasan dunia kerja;
  • Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian bidang penalaran, kreativitas, kesejahteraan mahasiswa,
    kewirausahaan, minat dan bakat, organisasi kemahasiswaan, serta penyelarasan dunia kerja;
  • Pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang penalaran, kreativitas, kesejahteraan mahasiswa, kewirausahaan, minat dan bakat, organisasi kemahasiswaan, serta penyelarasan dunia kerja; dan
  • Pelaksanaan administrasi Direktorat.

Untuk mewujudkan misi mulia di atas, Direktorat Kemahasiswaan memiliki beberapa program unggulan untuk mahasiswa. Nah, berikut adalah sejumlah program yang sangat sayang kalau dilewatkan begitu saja.

BidikmisiSasaran program bantuan pendidikan bidikmisi adalah lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik. Dengan kata lain, para pelajar prestasi dari keluarga kurang mampu dapat melanjutkan beasiswa melalui program ini di berbagai kampus unggulan di seluruh Indonesia.

 

Beasiswa dan bantuan Pendidikan Peningkatan Prestasi AkademikJika Bidikmisi menjaring anak muda sebelum masuk kuliah, program ini dapat diikuti ketika mahasiswa yang kurang mampu secara finansial sudah berada di perguruan tinggi manapun. Tidak lain lantaran tujuan utamanya adalah meningkatkan prestasi mahasiswa penerima baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler serta motivasi berprestasi bagi mahasiswa lain, mengurangi jumlah mahasiswa yang putus kuliah, karena tidak mampu membiaya pendidikan. Syarat untuk mendapat

  1. Calon penerima adalah mahasiswa yang kuliah pada perguruan tinggi penglola beasiswa dan bantuan pendidikan PPA di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
  2. Calon penerima harus terdaftar pada Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PD-Dikti)
  3. Calon penerima adalah mahasiswa yang masih aktif, dalam jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana
  4. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan. Mahasiswa tidak berhak menerima apabila telah dinyatakan lulus

 

Program Afirmasi ADik bagi Putra-Putri Asli Papua:  Papua adalah salah satu wilayah yang paling terbelakang di Indonesia dalam segi apapun. Nah, salah satu upaya untuk mengatasi lemahnya latar belakang pendidikan dan memperkuat rantai kesatuan berbangsa adalah peningkatan kases dan penuntasan pendidikan tinggi di daerah dengan kondisi khusus. Program ini tidak lain memiliki tujuan untuk:

  1. Memberikan kesempatan kepada putra-putri asli Papua, lulusan SMA sederajat yang berprestasi akademik baik, untuk memperoleh pendidikan di PTN terbaik, melalui seleksi nasional dan seleksi khusus bagi siswa berprestasi akademik di SMA sederajat
  2. Sasaran program adalah Putra-Putri Asli Papua lulusan pendidikan SMA sederajat serta memiliki potensi akademik baik.

 

Progam Afirmasi Pendidikan Tinggi bagi Putra-Putri Daerah Terluar, terdepan dan Tertinggal (Adik 3T)Sudah menjadi rahasiswa umum bahwa ketimpangan kemajuan antara Indonesia Barat dengan Indonesia Timur, Jawa-Luar Jawa, maupun Jabodetabek-luar Jabodetabek sangat terasa. Tidak terkecuali di bidang pendidikan. Khususnya di daerah terluar, terdepan dan tertinggal (3T). Salah satu upaya untuk mengatasi lemahnya latar belakang pendidikan dan memperkuat rantai kesatuan berbangsa adalah peningkatan kases dan penuntasan pendidikan tinggi di daerah dengan kondisi khusus. Tujuan dari program ini adalah:

  1. Memberikan kesempatan kepada putra-putri daerah 3T, lulusan SMA sederajat yang berprestasi akademik baik, untuk memperoleh pendidikan di PTN terbaik, melalui seleksi nasional dan seleksi khusus bagi siswa berprestasi akademik di SMA sederajat
  2. Sasaran program adalah Putra-Putri daerah 3T lulusan pendidikan SMA sederajat serta memiliki potensi akademik baik.
  3. Jumlah Mahasiswa Penerima Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Papua dan Daerah 3T

 

Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM)Pintar secara akademik saja tidaklah cukup. Oleh karenanya, harus diimbangi dengan kemampuan non-akademik. Nah, Kemristekdikti setiap tahunnya menggulirkan program PKM. Tujuan dari program ini adalah mencetak mahasiswa yang memiliki multi kecerdasan, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan sosial. Mahasiswa dapat dikembangkan melalui berbagai program dan salah satu bentuk upaya untuk memberi bekal mahasiswa adalah PKM.

 

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)Program ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan,keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis Ipteks kepada pada mahasiswa agar dapat mengubah pola pikir (mindset) dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) serta menjadi calon pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global. Program PMW dapat diikuti oleh mahasiswa S1 Universitas/Institut/Sekolah Tinggi dan diploma/politeknik yang telah menyelesaikan kuliah 2 semester atau minimal telah menyelesaikan 36 SKS.

 

Program Hibah Bina Desa (PHBD)Pengabdian masyarakat adalah salah satu Tri Dharma perguruan tinggi. Nah, PHBD adalah kegiatan pemberdayan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahassiwa (BEM). Mahasiswa pelaksana PHBD ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

 

Bantuan Dana Pemberdayaan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)Aktivitas di berbagai organisasi adalah salah satu cara untuk mendongkrak kemampuan kepemimpinan, komunikasi antarpribadi, kematangan emosional, dan kemandirian. Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada para mahasiswa (perseorangan maupun kelompok) atau organisasi kemahasiswaan antarperguruan tinggi untuk mengembangkan potensi, menyalurkan bakat, minat dan kemampuannya dalam bidang tertentu melalui organisasi yang dapat menambah wawasan keilmuan, pembentukan karakter/sikap, dan keterampilan.

 

Program Belajar Bekerja Terpadu (PBBT)Program ini merupakan program yang mengintegrasikan berbagai latar belakang ilmu yang didapatnya di bangku kuliah dengan pengalaman nyata dunia usaha. PBBT adalah kegiatan pendidikan bagi mahasiswa S1 yang telah menyelesaiakan sekurang-kurangnya 110 SKS, bekerja penuh waktu sekurang-kurangnya 4 bulan di UKM, memiliki hak dan kewajiban sebagaimana karyawan untuk mendapatkan pengalaman berwirausaha.

 

Mahasiswa Berprestasi (Mawapres)Mawapres adalah mahasiwa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Peserta Mawapres adalah mahasiswa aktif pada perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan terdaftar pada Pengkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT). Setiap tahunnya diadakan lomba pemilihan Mawapres dari tingkat KOPERTIS hingga tingkat nasional.

 

Latihan Ketarampilan Manajemen Mahasiwa (LKMM) Tingkat MenengahMahasiswa yang berkualitas adalah mahasiswa yang memiliki multi kecerdasan, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan sosial. Mahasiswa dapat dikembangkan melalui berbagai program dan salah satu bentuk upaya untuk memberi bekal mahasiswa adalah melalui pelatihan-pelatihan yang salah satunya adalah LKMM Tingkat Mengah. Bagi yang ingin sukses berkarir di bidang manapun, latihan keterampilan ini tidak boleh dilewatkan ya.

 

National University Debating Championship (NUDC)Sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi, Direktorat Kemahasiswaan menetapkan pola pembinaan mahasiswa dan salah satu usaha pembinaannya adalah melalui kompetisi debat yang telah dirumuskan dalam National University Debating Championship (NUDC) dan WUDC. Pemenang NUDC secara otomatis mewakili kompetisi debat di tingkat dunia, tidak mengherankan jika persaingan untuk meraih gelar jawara begitu ketat.

 

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA-PT)merupakan program untuk mempersiapkan mahasiswa dalam rangka mendorong dan atau dan atau meningkatkan prestasi mutu bidang MIPA tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional. Perserta adalah mahasiswa S1 PT di lingkungan Kemenristekdikti, terdaftar dalam PDPT, belum lulus s.d 31 Agustus pada tahun saat pelaksanaan seleksi dan belum pernah mendapatkan medali emas atau juara I dalam ON MIPA-PT atau OSN-Pertamina.

 

Musabaqa Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasionaladalah salah satu pembinaan mental dan spiritual bagi mahasiswa sebagai upaya untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan pemahaman terhadap isi kandungan Al-Qur’an. MTQ Mahasiswa dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali.

 

Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Nasional (POMNas)adalah kegiatan olahraga di kalangan mahasiswa guna memupuk dan meningkatkan persatuan; kebersamaan; persahabatan antar-mahasiswa se Indonesia. Meningkatkan dan mengembangkan minat olahraga mahasiswa, serta meningkatkan kesegaran jasmani, disiplin dan sportifitas mahasiswa.

 

Nah, semoga program-program di atas menjadi salah satu referensi kesuksesanmu sebagai mahasiswa ya. Jangan sia-siakan tanggungjawab kita sebagai kaum terpelajar yang nantinya menjadinya harapan kemajuan bangsa. Selamat mencoba.

Sumber: Klik di sini.

Categories:   Ragam

Comments

  • Posted: Jul 5, 2016 21:22

    Jordy Alexander

    Selamat malam,mau tanya soal dana hibah desa ni,masih dibuka pendaftaran untuk kami masukan proposal bantuan dana. soalnya kami dari BEM Universitas Nusa Cendana Kupang NTT,memiliki desa binaan,tapi kami masih mengalami defisit dana untuk membantu masyarakat. Trimakasih banyak.
  • Posted: Jul 12, 2016 11:27

    admin

    Silakan ajukan dana ke Direktorat Kemahasiswaan Kemristekdikti. Semangat ya.
  • Posted: Jul 28, 2016 23:18

    Almualam

    slam sjhtra dari sya. mnarik dari program2 yg telah dibentuk kemenristek dikti. sy sndiri sudah mngikuti bbrapa program trsbut di atas. diantaranya sprti beasiswa ppa, pkm, dan juga mawapres. sdkit saran dari sy khususnya untuk program mawapres ad baiknya jika d buatkan satu konsep yg brkelanjutan. sehingga dalam program tersebut tdk hnya trhenti pd penemuan mhasiswa2 yg berprestasi dn pmbrian reward. akan ttapi mrka2 trsbut d brikan ksmpatan untuk di wadahi scra khusus oleh kemenristek dikti agr mrka dpat mlnjutkan pendidikan ketingkat s2. sbab sy ykin bbrapa diantara mrka mmliki kemampuan intelek dan kmauan yg ckup tnggi untk lnjut nmun dibatasi olh faktor eknomi. sy paham bahwa ktersediaan beasiswa d tmpat lain ckup bnyak. ttapi bgi mrka yg prguruan tingginya brada di daerah trpncil. khususnya ind tmur. ckup sulit mmproleh akses informasi tntng hal trsbt. trmksh smga dpt diprtmbngjan
  • Posted: Aug 1, 2016 08:12

    admin

    Masukan yang baik Kak Alam. Semoga Kemristekdikti mempertimbangkan gagasan kakak. Sukses selalu ya kak. O ya, kakak juga bisa berbagi cerita perjalanan kakak di S1. Entah pengalaman mengambil jurusan tertentu, pengalaman mendapatkan beasiswa, magang, PKL, mengikuti lomba dan lainnya. Kakak juga bisa menjadi kontributor di Kampusgw.com. Thanks.
  • Posted: Dec 8, 2016 16:13

    Faurus Nasaruddin

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh .. Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua . Sebelumnya terima kasih atas perhatian kanda Almualam atas keadaan masyarakat Indonesia Timur . Terima kasih atas informasi yang sangat bermanfaat ini, Saya mau bertanya kira2 ada tidak program pemberian beasiswa atau bantuan pendidikan dan semacamnya yang memfasilistasi kelanjutan pendidikan dari Diploma ke Sarjana (Contohnya seperti D3 Keperawatan ke S1 Keperawatan dll), karena kebanyakan sasaran pemberian beasiswa itu adalah untuk lulusan SMA, SMK MA dan sederajat . Untuk jawaban dan informasi yang nanti diberikan kami sampaikan terima kasih banyak . Salam dari Ternate, Timur Indonesia .
  • Posted: Dec 8, 2016 16:16

    admin

    Wa'alaikumsalam. Sepertinya kami belum pernah mendengar ya. Nanti kalau mendapatkan informasi, akan segera diinformasikan. Semangat ya kak.

error: Content is protected !!