Kampusgw.com

Menu

Mau Dibantu Mendapatkan Beasiswa? Gabung Kita Ya! Dina Novita Sari: Pendiri Social Business Bernama iBeasiswa

        Indonesia memiliki segalanya untuk menjadi mercusuar di dunia. Dari segi populasi saja, negeri ini berada di urutan keeempat. Di bidang sumber daya alam, kekayaannya tak diragukan lagi. Secara geografis, negeri ini juga sangat diuntungkan karena letaknya yang strategis.

Indonesia disebut-sebut akan menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kelima di jagad dalam beberapa dekade ke depan. Saat ini saja sudah masuk dalam blok G-20.

Namun, ada begitu banyak permasalahan yang menghambat melesatnya kekuatan Indonesia. Korupsi yang seakan sudah mendarah daging, penegakan hukum yang payah, tata kelola pemerintahan yang lemah, rendahnya  kualitas sumber daya manusia, dan seabrek lainnya.

Pendidikan ialah salah satu faktor terpenting yang diyakini mampu membantu Indonesia keluar dari keterpurukan. Pasalnya, dari sektor ini bisa dibentuk seberapa baik kualitas sumber daya manusianya. Karena, dari bidang ini revolusi mental sesungguhnya dapat diejawantahkan.

Salah satu isu klise yang menjadi tantangan generasi muda Indonesia ialah tidak meratanya akses pendidikan. Baik jika dilihat dari perspektif geografis seperti Jawa-Luar Jawa. Hingga bila dipandang dari Angka Partisipasi Kasar (APK).

Dina Novita Sari ialah salah satu generasi muda yang peduli dengan isu pendidikan. Belum lama ini, ia bersama rekan-rekannya membesut bisnis sosial bernama iBeasiswa. Harapannya begitu mulia. Ia ingin sekali membantu memfasilitasi para mutiara bangsa untuk melanjutkan pendidikan tinggi dengan program mentoring beasiswa.

Nah, apa latar belakang didirikannya iBeasiswa? Dan bagaimana masyarakat dapat mendukung program-programnya? Simak nukilan wawancara kontributor Kampusgw.com Brahma Aji Saka dengan Dina Novita Sari, pendiri iBeasiswa.

 

 

Siapakah nama lengkap Anda?

Dina Novita Sari.

 

Apa kesibukan utama Anda sehari-hari? 

Saat ini saya bekerja di sebuah lembaga non- profit untuk projek penguatan parlemen di Indonesia dan saya juga mengelola sebuah social business bernama iBeasiswa.

 

Anda dikenal sebagai pendiri Ibeasiswa.com. Sebenarnya itu portal tentang apa?

iBeasiswa merupakan portal online yang bertujuan untuk memberikan informasi dan asistensi melalui program mentoring kepada anak-anak Indonesia yang bermimpi untuk melanjutkan pendidikan tinggi dengan beasiswa.

 

Apa latar belakang Anda mendirikan Ibeasiswa.com?

To be honest, ada hal yang sangat personal buat saya kalau ngomongin kenapa mendirikan ibeasiswa. Saya lahir di sebuah desa kecil di Jawa Timur. Saya mengamati cukup banyak masyarakat di sekeliling saya yang bekerja sebagai buruh migran di luar negeri seperti Arab Saudi, Hong Kong, Taiwan, Singapura atau negara Timur Tengah lainnya dari generasi ke generasi, termasuk Bapak dan Ibu saya sendiri. Banyak sekali teman-teman sekolah saya tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi setelah SMA atau pun SMP dan memilih untuk menjadi buruh migran.

Dari sini, saya sadar bahwa apa yang membuat saya memiliki pilihan lain yang berbeda adalah karena orang tua saya bekerja keras untuk memberikan akses pendidikan tinggi yang lebih baik kepada saya. Saya tidak mengatakan menjadi buruh migran adalah pilihan yang buruk.  Namun, anak Indonesia dapat memiliki pilihan yang lebih banyak dan dapat mengembangkan potensi dirinya dengan lebih baik lagi jika diberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi dengan skill yang tepat.

Dari sini, saya bertekad bahwa saya ingin melihat semakin banyak anak Indonesia dapat menggali dan mengembangkan potensinya melalui pendidikan tinggi. Namun, masalah utamanya adalah akses pendidikan tinggi yang seringkali mahal apalagi pendidikan berkualitas di luar negeri.

Namun, jika ada kemauan pasti ada jalan. Terdapat ribuan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar sana mulai dari jenjang S1, S2 bahkan S3. Peran iBeasiswa di sini adalah membantu anak-anak Indonesia untuk dapat mempersiapkan aplikasi beasiswanya dengan lebih baik lagi sehingga kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi dengan beasiswa bisa segera terwujud.

 

Sejak kapan Ibeasiswa.com berdiri? 

iBeasiswa mulai berdiri sejak Februari 2017.

 

Kalau boleh tahu apa misi Ibeasiswa.com?

Banyak anak Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan berkualitas, namun seringkali terkendala biaya, kurang mendapatkan informasi serta kurangnya lingkungan yang mendukung. Padahal banyak sekali kesempatan beasiswa pendidikan bagi anak Indonesia di dalam dan luar negeri. Oleh karena itu, iBeasiswa hadir untuk memfasilitasi anak muda Indonesia untuk mengapai mimpi tersebut.

 

Apa saja sih program yang ditawarkan Ibeasiswa.com?

Di akhir tahun 2017 yang lalu, iBeasiswa membuka 2 buah program yang berfokus untuk membantu anak-anak Indonesia mempersiapkan aplikasi beasiswa S2-nya dengan lebih baik yaitu:

Program Group Mentoring

Jika Anda tergabung dalam program ini, Anda akan tergabung dalam sebuah Kelompok Belajar yang terdiri dari anak-anak yang ingin mendaftar beasiswa. Durasi program ini adalah selama 10 minggu. Anda akan mendapatkan akses materi pembelajaran secara online setiap minggunya dengan pendampingan dari mentor-mentor yang berpengalaman. Biaya program ini adalah sebesar Rp. 500.000 dan dapat dibayar secara bertahap.

Program One on One Mentoring

Jika Anda bergabung dalam program ini, Anda akan memiliki akses terhadap mentoring secara personal. Durasi program ini adalah selama 20 minggu dengan jadwal mentoring yang lebih fleksibel sesuai dengan kesepakatan Anda dengan pihak mentor. Anda juga akan mendapatkan akses materi pembelajaran secara online yang dapat diakses di mana saja. Biaya program ini adalah sebesar Rp. 1.000.000 dan dapat dibayarkan secara bertahap pula.

 

Ibeasiswa.com dibuat untuk membantu generasi muda mendapatkan beasiswa. Bisa dijelaskan dengan rinci, apakah beasiswa yang dimaksud hanya untuk S2 di mancanegara? Ataukah beasiswa dengan jenjang pendidikan apapun di dalam dan luar negeri?

Untuk sekarang ini, kami berfokus untuk memberikan mentoring aplikasi beasiswa S2 baik di dalam maupun di luar negeri. Kedepannya, iBeasiswa bertekad untuk mampu memberikan asistensi aplikasi beasiswa mulai dari jenjang S1 hingga S3.

 

Apa saja kelebihan  Ibeasiswa.com dibandingkan dengan program mentoring beasiswa lainnya di Indonesia? 

Beberapa alasan memilih iBeasiswa adalah:

Kurikulum yang didesain dengan baik

Para peserta yang tergabung dalam program akan diberikan materi penunjang dan tugas-tugas yang akan membantu mereka selangkah lebih dekat mendapatkan beasiswa. Berikut kurikulum iBeasiswa (sumber www.ibeasiswa.com):

Mentor yang Berpengalaman

Anda akan mendapatkan bimbingan dari mentor yang telah sukses mendapatkan beasiswa.

Lingkungan persiapan yang supportif

Anda akan tergabung dalam sebuah komunitas yang saling mendukung dengan pendampingan dari mentor yang berpengalaman.

 

Belajar dari manapun

Anda bisa mulai bergabung dalam program ini di mana pun Anda berada karena program ini sepenuhnya dijalankan secara online.

 

Berapa lama program mentoring Ibeasiswa.com?

Program group mentoring akan dijalankan selama 10 minggu, sementara program one on one mentoring dijalankan selama 20 minggu.

 

Apa saja syarat menjadi mentee Ibeasiswa.com?

Untuk program aplikasi beasiswa master: telah menyelesaikan pendidikan S1, mengisi formulir pendaftaran, dan membayar biaya program.

 

Selama ini bagaimana dengan mentor Ibeasiswa.com? Apakah ada rekrutmen terbuka untuk menjadi mentor? 

Kami sangat terbuka untuk pendaftaran para mentor yang ingin membantu membagikan pengalamannya dan membantu lebih banyak anak Indonesia untuk mengenyam pendidikan tinggi yang lebih baik. Ke depan, kami akan segera membuka pendaftaran mentor secara online melalui website kami.

 

Sejauh ini bagaimana dengan cakupan penerima manfaat Ibeasiswa.com? Apakah baru pilot project di Jabodetabek? Ataukah sudah menasional?

Program ini dibuka bagi anak Indonesia di wilayah manapun sepanjang mereka dapat jangkauan internet dan telepon.

 

Apakah ada program mentoring beasiswa sejenis di luar negeri yang menjadi benchmark?

Belum ada untuk saat ini.

 

Apa saja yang bisa dilakukan masyarakat luas untuk mendukung misi mulia Ibeasiswa.com? Bagaimana publik bisa membantu program-programnya?

Untuk membantu:

  1. Bergabung menjadi mentor
  2. Berdonasi kepada program yang dijalankan iBeasiswa dimana Anda/Perusahaan Anda dapat menseponsori anak-anak Indonesia untuk mengakses program mentoring ini
  3. Bermitra dengan iBeasiswa, misalnya jika anda lembaga pemberi kursus, universitas atau pun perusahaan yang concern dengan isu Pendidikan, iBeasiswa dapat menjadi mitra Anda
  4. Menyebarkan informasi program iBeasiswa kepada sahabat, keluarga maupun komunitas yang membutuhkan

 

Bagaimana dengan funding? Apakah sejauh ini mengandalkan donasi? Ataukah bekerjasama dengan lembaga tertentu?

Untuk funding, iBeasiswa sementara ini mendapatkan pendanaan secara internal dan berasal dari biaya bergabung dalam program Group Mentoring dan One on One Mentoring. Ke depan, kami berharap untuk mulai mendapatkan funding dari sektor privat maupun publik untuk pengembangan program Ibeasiswa.

 

Bagaimana Anda melihat Ibeasiswa.com dalam 5 tahun ke depan?

Saya melihat iBeasiswa dapat bergerak untuk memberikan manfaat kepada 1 juta anak Indonesia untuk mendapatkan informasi, bimbingan maupun akses untuk Pendidikan tinggi yang berkualitas.

 

Categories:   Sosok

Comments