Kampusgw.com

Menu

4 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Judul Skripsi

Skripsi merupakan karya  tugas akhir yang wajib diselesaikan sebelum menyandang Gelar Sarjana. Bagi banyak mahasiswa yang super, ia dikejar-kejar agar cepat kelar. Bagi mahasiswa yang malas, ia menjadi dalih untuk memperlama masa studi. Apapun motivasinya, skripsi menjadi salah satu tugas yang menyulitkan dalam jenjang pendidikan tinggi.

Skripsi sebenarnya sederhana saja. Tugas ini menguji mahasiswa apakah sudah mampu menerapkan konsep atau teori dalam menganalisis hingga memecahkan suatu masalah. Ia juga menguji cara berpikir, mental, daya juang, dedikasi, hingga kemampuan menyampaikan pendapat.

Di kampus manapun, banyak mahasiswa yang kesulitan menulis skripsi. Alasannya klasik sekali. Mulai dari tidak tahu apa yang harus diteliti, hingga kemampuan menulis karya ilmiah yang rendah.

Nah, menurut riset yang dilakukan oleh Kampusgw.com, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih judul skripsi. Mengapa judul? Karena judul berkaitan dengan perumusan masalah. Judul berhubungan dengan pertanyaan penelitian. Dan judul menjadi arah yang menentukan cepat atau tidaknya skripsi.

 

Baca juga:  5 Hal Yang Harus Diketahui Fresh Graduate  —– Tips Menyelesaikan Skripsi

 Topik Yang Kau Sukai

Ini ialah kunci cepat atau tidaknya kamu menulis skripsi. Karenanya, pilih topik yang benar-benar kau sukai. Alasannya sederhana, jika kamu sudah suka, sesulit apapun masalah selama pengerjaan skripsi, tentu akan terasa ringan. Topik bisa dikaitkan dengan masalah atau isu yang mewakili diri lho banget. Lho peduli banget. Lho kepo banget. Lho ngikutin terus tuh topik.  Dan mungkin lho suatu saat emang mau berkecimpung di situ.

Topik Yang Kau Kuasai

Skripsi yang baik ialah skripsi yang diselesaikan. Untuk bisa menyelesaikan skripsi dengan cepat, kamu harus menjadi orang yang paling mengusai topik itu. Khususnya, pertanyaan penelitian yang kamu angkat. Afirmasi dirimu seolah-olah kamu orang yang paling tahu, paling jago, paling paham, dan paling oke di topik itu. So, dari sekarang cari deh topik atau permasalahan yang benar-benar “lho banget”.

Topik yang Belum Banyak Diulas

Menulis skripsi berarti menuntaskan penelitian. Oleh karena itu, dituntut untuk menghadirkan kebaruan. Maksudnya, kamu diwajibkan untuk menulis sesuatu yang belum pernah diteliti sebelumnya oleh orang lain. Mungkin topiknya bisa sama. Tapi kan variabelnya berbeda. Entah tempatnya, tahunnya, cakupannya, sampelnya, metode penelitiannya, pendekatan teorinya, dan seterusnya. Syaratnya, kamu harus banyak baca, baca, baca, baca, dan baca ya. Nggak ada cara lain selain banyak membaca buku, surat kabar, dan yang paling penting jurnal ilmiah terkait.

Topik Yang Menjurus ke Bidang Kerja Setelah Kuliah

Setelah beberapa semester kuliah, kamu sudah tahu dong ke depan mau jadi apa. Kamu pasti sudah punya rencana dong kelak ingin menjadi ahli apa. Kamu sudah mantap dong kelak ingin berkarir di bidang apa. Nah, mulai dari sekarang cari deh topik yang berhubungan dengan bidang kerja yang dibidik. Cara ini bisa memotivasimu untu cepat lulus loh. Lagian, banyak mahasiswa yang mendapatkan pekerjaan dengan cepat karena skripsinya. Kenapa? Karena ketika mengambil data, ia sudah berjuang untuk menjalin kerjasama dengan institusi maupun individu yang terlibat di dalamnya. Huaaa, menarik kan?

Nah, di atas ialah 4 hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih judul skripsi. Karena menentukan judul hanyalah langkah awal, cepat atau tidaknya skripsimu ya bergantung motivasimu. Semangat ya teman-teman pejuang skripsi!

 

Sumber gambar: buyessayreview.xpg.uol.com.br

Categories:   Tips

Comments

  • Posted: Mar 26, 2018 11:29

    deni oktaviano

    makasih admin artikelnya sangat membantu, ditunggu artikel selanjutnya
  • Posted: Mar 26, 2018 14:14

    admin

    Sama2 dek.

error: Content is protected !!