Kampusgw.com

Menu

Abis kuliah ngapain? Jurus Menentukan Profesi Yang Cocok

Mau apa pasca kuliah? Mungkin sebagian di antara kamu ingin melanjutkan S2 langsung. Bisa jadi mau bekerja dulu, berbisnis, atau liburan. Semua sah-sah saja kok.

Yang pasti, cepat atau lambat kamu harus menentukan profesi yang cocok dengan kepribadian, keterampilan, passion dan kebutuhan pasar.  Masalahnya, menemukan profesi yang cocok itu ibarat mencari jarum dalam sekam.
Lantas, bagaimana dong? Tenang saja. Berikut jurus menentukan profesi yang cocok versi Kampusgw.com.
Pertama, ikuti apa yang paling kamu gelisahkan. Maksudnya, cari atau buat pekerjaan di bidang yang kamu pedulikan. Tekuni profesi di ranah yang paling kamu ingin tampil sebagai pemberi solusi. Bisa pendidikan, lingkungan, anak-anak, makanan, perjalanan, pariwisata, kesehatan, keuangan, teknologi informasi, atau apa saja.
Kedua, catat semua keterampilan yang kamu miliki. Ini penting untuk mengetahui modal sebelum bertempur. Selain itu juga bisa mengukur seberapa besar daya saingmu dibandingkan orang di luar sana. Yang lebih bermanfaat, kamu bisa meriset keterampilan apa yang paling ditubuhkan pasar saat ini dan di masa depan.
Ketiga, kenali passionmu. Cobalah jujur dengan diri sendiri, aktivitas apa yang tetap akan kamu lakukan meski tak dibayar? Kegiatan apa yang membuat dirimu lupa waktu karena keasyikan?
Keempat, cari sosok teladan. Tidak harus satu orang sih. Bisa beberapa juga. Mereka adalah sosok yang mendekati apa yang ingin kamu capai di masa depan. Baik gebrakan, kiprah maupun prestasinya. Jika memungkinkan, temui sosok teladan. Jika tidak, kamu bisa berkomunikasi via telpon atau surat elektronik.
Jika keempat hal di atas telah kamu lalui, cari benang merahnya. Apakah ada satu atau beberapa profesi yang mencakup atau saling berhubungan dengan keempatnya? Jika ya, selamat karena itulah profesi yang paling cocok denganmu. Jika tidak, teruslah mencari.
Nah, cukup sederhana bukan? Yang harus diingat adalah bahwa kesuksesan akan datang ketika persiapan bertemu dengan kesempatan. Jadi, mulailah berproses sekarang juga!
Sumber gambar: recruitingblogs.com

Categories:   Tips

Comments

error: Content is protected !!