Kampusgw.com

Menu

 

Tips Menjalankan Strategi Investasi Mahasiswa yang Tepat

Merancang strategi investasi mahasiswa artinya sudah mulai merencanakan kehidupan di masa mendatang. Investasi merupakan langkah tepat untuk menjamin keuangan di masa depan. Dengan berinvestasi, aset yang kita miliki nilainya tidak akan mengalami penurunan jika terjadi inflasi besar-besaran.

Hal itu membuat mahasiswa sudah mulai memikirkan dengan matang rencana jangka panjang sejak usia dini. Sebab, semakin cepat melakukan investasi, maka waktu yang kita punya untuk mengelola aset dengan maksimal semakin panjang. Kita juga akan siap dalam menghadapi seluruh kebutuhan dan risiko di masa depan.

Akan tetapi, perlu dilakukan banyak pertimbangan untuk memulai investasi, terutama mereka yang masih awam. Salah satunya adalah memilih instrumen investasi yang benar-benar cocok untuk kebutuhan kita. Dengan menentukan instrumen investasi, akan berdampak pada sukses atau tidaknya kegiatan investasi tersebut.

Tips dan Keuntungan Menjalankan Strategi Investasi Mahasiswa

Di bawah ini adalah strategi untuk melakukan investasi beserta keuntungannya. Yuk simak ulasannya!

Keuntungan Investasi untuk Mahasiswa

  • Mahasiswa bisa belajar untuk mulai merencanakan kebutuhan ekonomi untuk jangka panjang. Supaya di masa depan, keadaan ekonomi kamu sudah matang dan cukup untuk memenuhi kebutuhan.
  • Secara finansial, mereka sudah merasa lebih bebas tidak takut akan kehilangan uang. Justru mereka bisa menikmati hidup tanpa melakukan pekerjaan yang melelahkan. 
  • Dengan investasi sejak dini, artinya kamu sedang merintis sebuah bisnis. Sebab, berinvestasi diperlukan strategi yang tepat dalam mengelola dana, sama halnya ketika di dunia bisnis.

 Trik Berinvestasi untuk Mahasiswa

  1. Menabung

Sebelum berinvestasi, mulailah menabung walaupun dengan jumlah yang sedikit. Uang yang kamu tabungkan itu selanjutnya akan menjadi banyak dan bisa dijadikan modal untuk berinvestasi. Jika modal yang kamu investasikan semakin banyak, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan banyak bisa lebih besar. Akan tetapi, pastikan tempat kamu berinvestasi merupakan pilihan yang tepat.

  • Membuat Anggaran Keuangan

Untuk menggambarkan kondisi keuanganmu sekarang, buatlah anggaran yang simpel. Nantinya anggaran tersebut bisa membantumu untuk mengetahui keuntungan, pengeluaran, serta pendapatan ketika berinvestasi. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah memantau kondisi keuangan, sehingga kamu lebih siap jika menghadapi sesuatu yang tidak diinginkan.

  • Mempelajari Ilmu Investasi

Investasi yang kamu jalankan akan sia-sia jika kamu tidak menguasai ilmu investasi. Jika kamu tidak menguasai ilmunya, dengan begitu kamu akan merasa kesulitan dalam mengelola aset yang sedang kamu investasikan.

Cukup dengan menguasai ilmu dasar mengenai saja, jangan terlalu dalam mempelajarinya. Hal yang kamu perlu kuasai, misalnya bagaimana cara mencairkan investasi, apa itu suku bunga investasi, dan bagaimana cara bertransaksi dalam proses jual beli. Apabila kamu sudah menguasai ilmu tersebut, dipastikan kamu lebih puas dalam mendapatkan keuntungan investasi.

  • Memilih Jenis Investasi yang Tepat

Ada berbagai macam jenis investasi yang perlu kamu ketahui, yaitu reksadana, saham, emas, valas, properti, dan deposito. Untuk kamu yang masih berstatus mahasiswa, pilihlah jenis investasi yang bisa kamu atur sendiri, misalnya saham, deposito, maupun reksadana. Sebab, ketiga jenis investasi tersebut hanya membutuhkan modal awal untuk memulai investasi, misalnya hanya sebesar Rp 100.000 jika ingin berinvestasi di reksadana.

  • Memantau Investasi

Bagi kamu yang memilih investasi saham, pantau selalu aset yang sedang kamu investasikan, supaya keuntungan yang didapatkan bisa lebih maksimal. Caranya yaitu dengan memperhatikan kondisi grafik yang naik turun pada jenis investasi yang telah kamu pilih.

Apabila kamu memilik investasi deposito atau reksadana, kamu tidak perlu melakukan cara tersebut. Sebab, keuntungannya sudah ditetapkan ketika baru memulai investasi. Sedangkan keuntungan saham, dipengaruhi oleh daya beli investor yang mengakibatkan tingkat keuntungannya tidak menentu.

  • Menyesuaikan Investasi dengan Kebutuhan

Setiap individu tentunya memiliki kepribadian dan kebutuhan yang tidak sama. Ada yang menyukai risiko, ada juga yang tidak menyukai risiko. Maka dari itu, investasi yang kamu jalani harus disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki, supaya aset investasinya bisa dikelola dengan maksimal. Dengan begitu, hasil yang kamu peroleh juga jadi lebih baik.

Jenis-Jenis Investasi dengan Modal Minim

Mengacu pada rekomendasi investbro.id pada halaman berikut ini. Jika kamu masih ragu untuk memulai investasi karena memiliki modal yang tidak cukup. Berikut ini adalah jenis investasi dengan modal minim yang bisa kamu pilih.

  1. Investasi Deposito

Jika kamu ingin mendapatkan risiko investasi yang rendah, investasi deposito cocok untuk kamu pilih. Lain halnya dengan tabungan lain yang bisa diakses kapanpun, jika kamu ingin menarik uang di deposito sebelum jatuh tempo, kamu akan dikenakan penalti di tabungan.

Meskipun begitu, deposito juga menawarkan keuntungan, seperti memiliki suku bunga bank yang lebih besar dari tabungan lainnya. Selain itu, jenis investasi ini juga terbilang cukup aman. Akan tetapi, untuk bagi hasil dalam investasi ini terbilang cukup rendah jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

  • Investasi Reksadana

Hanya dengan modal Rp 100.000 kamu bisa membuka akun reksadana untuk berinvestasi lho. Kamu tidak harus menghitung risiko yang diterima, karena sudah ada Manajer Investasi yang akan membuat strategi dalam mengelola aset investasi dan menghitung risiko investasi.

Meskipun sudah ada yang menanganinya, apabila kamu memakai investasi reksadana, pilihlah Manajer Investasi yang akurat. Sebab, keberadaan Manajer Investasi ini bisa mempengaruhi berhasil atau tidaknya investasi yang kamu jalankan. 

  • Investasi Emas

Emas memiliki nilai yang cukup stabil dan proses membelinya sangat mudah dan cepat. Jika memilih investasi ini, mulailah dengan nilai terkecil dahulu. Agar memperoleh keuntungan, buatlah beberapa strategi seperti menjualnya ketika harga pasar sedang tinggi, bisa juga dengan menggadaikannya lalu

Begitulah tips dalam menjalankan strategi investasi mahasiswa beserta keuntungannya. Semoga pembahasan ini dapat membantumu ketika memulai investasi. Sehingga di masa depan, kamu bisa menjalani hidup dengan baik.*

*) Artikel ini ditulis oleh Yudha Situmorang, Cofounder InvestBro

Categories:   Tips

Comments

error: Content is protected !!